Cintai Bumi, Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Perkenalkan Kantong Belanja Berbahan Kain Melalui Program Green Marketing Kepada UMKM Kelurahan Gayamsari.

Gayamsari, Kota Semarang (06/08)- Pencemaran lingkungan sekarang sedang menjadi sorotan disetiap negara, Indonesia termasuk dengan jumlah penduduk terbanyak ke 4 di dunia. Indonesia memiliki Populasi 273 juta jiwa. Dengan banyak nya penduduk yang hidup di Indonesia maka semakin banyak pula limbah yang dihasilkan melalui kegiatan sehari hari. Bahan plastik dapat dengan mudah ditemukan di berbagai produk, mulai dari kemasan makanan dan minuman, kantong belanja, hingga peralatan rumah tangga. Ketika tidak lagi digunakan, produk dari bahan plastik tersebut bisa menumpuk dan menjadi sampah di mana-mana yang akan berakibat buruk bagi alam dan lingkungan sekitar.
Saat ini Semarang sudah menerapkan pengurangan penggunaan kantong plastik saat berbelanja di swalayan atau mini market dengan cara tidak menyediakan kantong plastik lagi sehingga konsumen diharapkan dapat membawa sendiri kantong belanja yang dapat di pakai ulang. Mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan edukasi tentang Green Marketing kepada sektor UMKM Kelurahan Gayamsari melalui pembagian poster dan juga pembagian kantong belanja yang dipakai saat bertransaksi dengan konsumennya. Program ini membawakan edukasi tentang Green Marketing yaitu Menurut Small Business Chron, green marketing adalah sebuah proses marketing yang mengacu kepada lingkungan. Jadi, proses marketing ini harus memiliki keuntungan bagi lingkungan atau alam. Dengan kata lain, ini adalah marketing yang tidak merusak alam dan lingkungan. Melalui pembagian kantong belanja berbahan kain yang dapat dipakai berulang kali untuk melakukan transaksi dengan konsumen akan memberikan kesan yang lebih ramah lingkungan dan kantong tersebut bisa digunakan Kembali oleh konsumen untuk melakukan pembelian selanjutnya dan lebih menghemat pengeluaran.
“wah ini sangat berguna mba, apalagi sekarang sudah tidak disediakan kantong plastik waktu belanja di Indomart” ujar salah satu ibu ibu yang menerima kantong belanja kain setelah bertransaksi dengan UMKM.
Nantinya diharapkan program ini akan terus dilanjutkan oleh UMKM Kelurahan Gayamsari agak dapat lebih menghargai alam dan lingkungan sekitarnya. Penulis : Nur Amalia Zahra – 14030119190153 – Administrasi Bisnis – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. DPL : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si