Cegah Stunting di Desa Carul, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Stunting dan Praktek Pembuatan “Ice Sketing”

Whats-App-Image-2022-08-13-at-23-35-14

Tegal (30/07/2022)- Kabupaten Tegal menempati posisi dengan penderita stunting terbesar kedua di Jawa Tengah . Namun, hasil studi dari pemerintah pusat dan Pemkab Tegal berbeda. Dimana menurut hasil studi status gizi Indonesia (SSGI) 2021, prevalensi stunting pada populasi sampel anak balita Kabupaten Tegal mencapai 28%. Sedangkan menurut pengukuran antropometri penderita stunting Kabupaten Tegal mencapai 12,18 %.

Menurut hasil data dan wawancara dengan bidan Desa Carul terdapat 3 anak yang dikategorikan gizi buruk yang mana sangat berisiko untuk terkena stunting. Dengan adanya kasus gizi buruk di Desa Carul dapat diartikan bahwa Desa Carul dalam keadaan darurat akan risiko stunting. Sehingga untuk menangani hal tersebut perlu adanya pencegahan, salah satunya adalah perbaikan gizi anak.

Mahasiswa KKN UNDIP Desa Carul membuat sebuah produk yaitu Ice Cream Sehat dari Daun Kelor Pencegah Stunting atau“ICE SKETING” sebagai sarana pencegahan stunting dengan pemenuhan gizi. Daun kelor mengandung protein 3 kali dari susu bubuk fullcream, 9 kali protein yogurt, 17 kali kalsium lebih tinggi dari susu. (Kholis dan Hadi, 2010). Tujuan dari pembuatan produk ini adalah memanfaatkan daun kelor yang merupakan tanaman melimpah di Desa Carul, namun masih belum optimal pemanfaatannya.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-23-35-14-1

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 di balai Desa Carul dengan sasaran Ibu-Ibu PKK. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang merupakan kegiatan dari ibu-ibu PKK. Setelah itu diberikan edukasi mengenai stunting yang dilakukan oleh Farah Noor Fauziyah Akhmad dari prodi Ilmu Keperawatan, Universitas Diponegoro. Edukasi stunting yang dilakukan meliputi pengertian apa itu stunting, penyebab stunting, dampak, bagaimana cara pencegahannya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan bagaimana cara pembuatan dan demonstarsi pembuatan ICE SKETING. Ibu-Ibu PKK sangat antusias tehadap kegiatan pelatihan pembuatan Ice Sketing ini. Pada akhir kegiatan dibagikan leaflet mengenai stunting dan cara pembuatan Ice sketing.

Penulis : Farah Noor Fauziyah Akhmad ( Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)

DPL : Solikhin, S.Si., M.Sc.

Lokasi : Desa Carul, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal