PEDULI LINGKUNGAN DAN KELESTARIAN ALAM, MAHASISWA UNDIP MEMBUAT TEMPAT SAMPAH DARI EMBER CAT BEKAS

Cikura, Bojong (13/08/2022) Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan program kerja pembuatan tempat sampah dari ember cat bekas. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kebersihan lingkungan, dan mengurangi pembuangan sampah di lingkungan desa tempat mahasiswa KKN.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-07-12-05

Lingkungan merupakan lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat di sekitar manusia yang dapat mempengaruhi perkembangngan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu kebersihan lingkungan memberikan pengaruh akan kehidupan manusia. Oleh karena itu kepedulian masyarakat akan lingkungan sangatlah penting. Dimana kepedulian akan lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak sedini mungkin mengenai perilaku yang benar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang akan berdampak baik pada alam, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya. Pada program kerja ini, mahasiswa membuat tempat sampah organik dan anorganik dari ember cat bekas supaya dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan alam dengan membuang sampah pada tempatnya. Pembuatan tempat sampah organik dan anorganik ini adalah program kerja secara monodisiplin, yang ditempatkan pada dua tempat yaitu di TPQ di desa mahasiswa berk-KKN, yang menjadi salah satu tempat masyarakat beraktivitas. Sehingga mereka dapat dengan mudah menjangkaunya dan dapat membuang sampat pada tempatnya.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-09-54-35

Pelaksanaan program ini akan dilaksanakan di TPQ Sabilun Muhtadin III, pada Hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2022 pukul 13.00, acara diawali dengan sambutan dari mahasiswa pelaksana program kerja, yang dilanjutkan mengenai penjelasan terkait dengan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenisnya kepada anak-anak di TPQ. Selanjutnya penyerahan secara simbolis kepada ustadzah selaku penanggung jawab TPQ serta dokumentasi. Pelaksanaan program kerja ini disambut baik oleh masyarakat sekitar dan diharapkan dapat membantu serta digunakan sebagaimana mestinya.

Penulis : Diana Hastuti (14020119140161), Administrasi Publik, FISIP
Lokasi : Desa Cikura, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Dosen Pembimbing Lapangan : Clara Yuni Diana Ekaristi., SE., M. Acc
KKN TIM II TAHUN 2021/2022