Tingkatkan Penjualan UMKM kue kering tradisonal, Mahasiswi KKN Tim II UNDIP Lakukan Pemberdayaan Pada UMKM kue kering tradisonal dalam Pengembangan Pemasaran dan Kemasan Produk

1e6825b4-e960-4808-92ac-26f9aab0f74a

Banyaknya industri rumah tangga atau IRT yang terdapat di Desa Sensong, menjadikan peningkatan daya saing penjualan yang semakin ketat, sebuah produk UMKM harus terus berinovasi agar tetep up to date sehingga tidak tertinggal oleh trend masa kini, pemberdayaan terus dilakukan agar UMKM dapat berkembang menuju era digitalisasi, untuk itu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro ikut serta memberdayakan UMKM yang ada di Desa Sensong.

Screenshot-626

Pada program kegiatan ini mahasiswi membantu dalam membuat logo dan label sebagai identitas pengenal dan untuk membedakan produk bagi usaha Rumahan tersebut dengan produk sejenis sehingga mampu menarik perhatian konsumen. Selain itu mahasiswi KKN UNDIP juga bantu memasarkan produk di media sosial Instagram sebagai media promosi produk yang dapat menjangkau masyarakat luas untuk mengenal adanya usaha rumahan tersebut.
Adanya program kegiatan mahasiswi KKN UNDIP ini penjualan produk Usaha Rumahan tersebut yaitu aneka olahan aneka kue kering tradisional semakin meningkat karena adanya logo dan label pada kemasan. Dengan demikian, mahasiswa berhasil membantu terkait pemasaran produk dan mampu meningkatkan penjualan.

Penulis : Sulistiawati Manoppo (Manajemen/Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.
Lokasi : Desa Sensong, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauaan Sangihe