Pengenalan Asyik Fisika Sederhana Kepada Anak-Anak oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip

KOTA SEMARANG – Ilmu fisika sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang membahas gejala dan perilaku alam yang dapat diamati mata manusia. Ilmu fisika tidak secara tiba-tiba muncul, tetapi melalui tahapan eksperimen yang dilakukan oleh para peneliti. Karena merupakan ilmu pengetahuan eksperimental, ilmu fisika tidak hanya memerlukan pemahaman dan menguasai, tetapi juga menerapkan metode ilmiah, mengembangkan kemampuan berpikir analisis dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaikan masalah.

Mahasiswi KKN Tim II Undip 2021/2022 mengajak anak-anak usia 11-12 tahun untuk bereksperimen sebagai pengetahuan awal dalam mengenal fisika dasar. Percobaan yang dilakukan yaitu mengenai sifat cahaya yang dapat dibiaskan. Pengenalan fisika dasar ini dilakukan untuk mengenalkan kepada anak-anak mengenai sifat cahaya yang dapat dibiaskan dengan pemberian contoh sederhana dalam segelas air.

Kegiatan ini didasarkan oleh SDG’s ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas dan dilaksanakan pada Rabu (3/8/2022) di Balai RW 05 Kelurahan Muktiharjo Lor. Anak-anak menyambut baik kegiatan ini dan dapat menyimak materi dengan baik tertib.

Penulis : Nisha Arofah/24040118120027/S1-Fisika
DPL : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, Msi.
Lokasi : Kel. Muktiharjo Lor, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *