Pemasaran digital solusi bagi pelaku usaha memerluas jangkauan kepada konsumen Mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP lakukan edukasi tentang strategi pemasaran melalui sosial media
Buniwah, Tegal (14/08/2022) Perkembangan dan perubahan kondisi bisnis saat ini semakin pesat kemudian ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi dan internet yang mendorong bisnis menjadi berbasiskan digital. Digitalisasi bisnis merupakan proses menggunakan teknologi dalam operasi bisnis untuk meningkatkan efisiensi, pengalaman pelanggan, dan penjualan. Adanya perubahan menjadi tantangan bagi pelaku usaha yang tidak dapat dihindari. Peningkatan pengguna internet didorong juga oleh adanya pandemic covid-19 yang mempengaruhi mobilitas masyarakat dan aktivitas yang beralih ke sistem dalam jaringan. Adaptasi dan penyesuaian sistem bisnis yang menjadi digital harus dilakukan oleh pelaku usaha dan perlu mengetahui potensi dan menjadikan hal ini peluang.
Pengguna internet dan masyarakat yang mengakses sosial media dari tahhun ke tahun mengalami peningkatan harus di manfaatkan terutama dalam bidang pemasaran bisnis melalui media sosial. Pengoptimalan media pemasaran menjadi strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perhatian dari masyarakat dan biaya promosi yang lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Langkah yang dapat diterapkan dengan mengelola sosial media.
Jangkauan semakin luas, dan jika dapat mengoptimalkan media sosial pelaku usaha dapat menembus batas dengan kemudahan akses dan berbagi konten.
Pelaksanaan program dengan memberikan edukasi mengenai pemasaran melalui sosial media, dan praktek pembuatan konten sosial media.
Dengan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran dapat terintegrasi dengan kontak langsung penjual dan pembeli sehingga memudahkan pembeli ketika akan melakukan pembelian. Dari langkah pemasaran digital melalui sosial media dapat meningkatkan konversi kesadaran akan merek dan penjualan.