Desa Wirun : Desa Wisata dengan Potensi Alam, Kerajinan, Budaya, hingga Kuliner yang Berlimpah!

Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo (10/07/2022) – Tahun 2022 ini, Universitas Diponegoro kembali menerjunkan mahasiswanya dalam Program Kuliah Kerja Nyata yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’s”. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai 5 Juli – 18 Agustus 2022 bertempat di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Desa Wirun merupakan sebuah desa yang menyimpan serta merawat cukup banyak kearifan lokal. Desa yang terletak di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo ini memiliki akses yang murah untuk dituju dari Kota Solo dan Karanganyar. Berjarak kurang lebih satu kilometer dari Kota Solo, Desa Wirun memiliki potensi desa yang beragam dan menjadi lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Desa Wirun merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo dengan batas wilayah Desa Bekonang, Desa Laban, Desa Plumbon, dan Desa Tegalmade. Desa Wirun terdiri dari 15 RW dengan masing-masing 52 RT, 2.315 KK, dan luas wilayah sebesar 268,8 ha.

Pada minggu pertama ini, kami melakukan kegiatan :
1. Upacara Penerjunan Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 dari Universitas Diponegoro
2. Acara Penerimaan Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 dari Desa Wiurn, Mojolaban, Sukoharjo
3. Penyusunan Laporan Rencana Kegiatan KKN UNDIP 2022 bersama Tim II KKN Wirun
4. Bimbingan Laporan Rencana Kegiatan KKN UNDIP bersama Dosen Pembimbing
5. Perizinan Desa di Balai Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo
6. Perizinan ke Ketua RT dan RW di Kanggungan, Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo
7. Perizinan ke Ketua Karang Taruna Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo

654095
Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan Perizinan Desa Wirun

654099
Gambar 2. Dokumentasi Kegiatan Perizinan dan Silahturrahmi ke Ketua Karang Taruna Desa Wirun

Setelah melakukan perizinan, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan survey lokasi untuk penggalian potensi dan peninjauan permasalahan yang ada di Desa Wirun. Desa Wirun sendiri memiliki banyak potensi seperti Pura Sahasra Adipura, Embung Penganten, pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif, sentra usaha gamelan yang telah mendunia, produksi genting, wayang kertas, bank sampah, sanggar inklusi kasih sayang bunda, dan pembuatan kain tenun.
654100
Gambar 3. Dokumentasi Kegiatan Survey Pura Saharsa Adipura

654102
Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan Karawitan

Setelah dilakukannya survei pada tempat-tempat tersebut Tim KKN II Undip menentukan beberapa program kerja seperti membantu perizinan usaha UMKM beserta penyampaian mengenai etika penggunaan internet untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan dalam tindak kriminal, publikasi Pura Sahasra Adipura, mengajar di SD Negeri 04 Desa Wirun, menyampaikan metode coping yang dapat meningkatkan well-being orang tua Anak Berkebutuhan Khusus beserta parenting yang dinilai efektif bagi ABK, penyampaian sex education yang diharapkan dapat membantu mengatasi terjadinya kehamilan usia dini, program wajib terkait pencegahan narkoba dan stunting, dan beberapa program kerja lain yang dapat membantu kemajuan masyarakat Desa Wirun.

Penulis : KKN Tim II UNDIP Desa Wirun 2022
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.