Keren! Mahasiswa UNDIP Melakukan Pemetaan Potensi Tata Guna Lahan dengan Metode Penginderaan Jarak Jauh (Remote Sensing)

Penyerahan Peta Tata Guna Lahan Desa Petekeyan kepada Kepala Desa Petekeyan/dok pribadi

Petekeyan, Jepara (13/08/2022) – Perencanaan tata guna lahan dapat didefinisikan sebagai aktivitas penilaian secara sistematis terhadap potensi lahan (dan termasuk air) dalam rangka untuk memilah, mengadopsi, dan menentukan pilihan penggunaan lahan terbaik dalam ruang berdasarkan potensi dan kondisi biofisi, ekonomi, dan sosial untuk meningkatkan produktivitas dan ekuitas serta menjaga kelestarian lingkungan. Desa Petekeyan terletak di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Menurut Badan Pusat Statistika (BPS) Kecamatan Tahunan pada tahun 2021 Desa Petekeyan memiliki luas wilayah 229,888 hektar yang terbagi menjadi 20 RT dalam 4 RW dengan jumlah penduduk mencapai 5.513 jiwa. Desa Petekeyan memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dapat diperuntukan untuk perkembangan daerah. Pembuatan peta potensi tata guna lahan yang dilaksanakan pada 21 Juli sampai 7 Agustus 2022 memiliki tujuan untuk mengetahui potensi positif dan potensi negatif yang ada di Desa Petekeyan serta tata guna lahan daerah Petekeyan.

Proses Pemetaan Potensi Tata Guna Lahan Desa Petekeyan dengan Menggunakan Metode Penginderaan Jarak Jauh (Remote Sensing)/dok pribadi

Pelaksanaan program pemetaan potensi tata guna lahan Desa Petekeyan, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pemetaan secara tidak langsung menggunakan metode penginderaan jauh atau remote sensing melalui citra satelit Google Earth. Proses analisis data dan pengolahan data hasil survey dilakukan dengan menggunakan software ArcMap 10.4 dengan tambahan data sekunder berupa Peta Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Jepara. Output yang dihasilkan berupa Peta Tata Guna Lahan Desa Petekeyan yang kemudian akan diserahkan ke pihak pemerintah desa.

Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa penggunaan lahan di Desa Petekeyan didominasi pemukiman dengan luas area sebesar 0,659 km2. Selain itu terdapat dua tata guna lahan lain yaitu persawahan dan perkebunan dengan masing-masing luas area sebesar 0,418 km2 dan 0,016 km2. Potensi positif yang ada di Desa Petekeyan yaitu pusat perkantoran, perkebunan, dan tanah lapang. Sedangkan potensi negatif yang kemungkinan dapat terjadi yaitu gerakan tanah dan pelapukan dengan tingkat intensitas yang tinggi. Pada kawasan pusat perkantoran kedepannya diharapkan dapat dikembangkan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang dapat menunjang perekonomian di Desa Petekeyan.

Peta Potensi Tata Guna Lahan Desa Petekeyan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Penulis : Agyun Kinanti Fauziyah Pertiwi-Teknik Geologi-Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

DPL : Dra. Puji Astuti., M.Si.