Home » beranda » Mengenal Lebih Dekat Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso Pati

Mengenal Lebih Dekat Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso Pati

Penyambuatan Tim 1 KKN Undip 2018 di Desa Sekarjalak pada Minggu 1 .

Kamis, 04 Januari 2018 –  Pekan pertama merupakan awal dari perjalanan kami dalam menjadi bagian KKN Undip. di hari pertama ini kami semua peserta Tim I KKN Undip 2018 mengikuti penerimana mahasiswa KKN oleh Bapak Bupati H. Haryanto di Pondopo Kabupaten Pati. Acara tersebut berlangsung secara lancar dan hikmat dan diikuti oleh seluruh peserta KKN dan seluruh DPL.

Gambar 1. Bapak Bupati H. Haryanto , Pati. H. Haryanto memberikan sambutan pada acara Penerimaan Mahasiswa KKN Tim Undip 2018 di Pondopo Kab. Pati

  • Penyambutan oleh Bapak camat dan Jajarannya

Gambar 2. Penyambuat oleh Bapak Camat Margoyoso dan Bapak/Ibu Kepala Desa Kecamatan Margoyoso.

Selain sambutan oleh Bupati Pati kami juga disambut dengan baik oleh Camat Margoyoso Dwi Nuryanto, SH beserta jajarannya. Dalam acara ini secara simbolis mahasiswa KKN  “diserahkan” kepada bapak Camat dan selanjutnya diteruskan kepada kepala desa dimana kami ditempatkan untuk mengabdi sebagai bagian dari masyarakat selama 42 hari .

Pada hari kedua tim KKN membantu pelaksanaan posyandu anak yang dilaksanakan oleh Puskesmas Desa Sekarjalak yang berlokasi di Balai Desa Sekarjalak. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan mengontrol pertumbahan dan Perkembangan anak. Kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB , yang diikuti oleh kurang lebih 20 an yang berusia balita dan anak. Kegiatan ini berlangsung secara lancar dan seru, sekaligus lucu. Karena, ada berapa dari mereka yang menangis kerena disuntik, namun untungnya semuanya itu bisa dikendalikan oleh para orang tua.

Gambar 3. Pelaksanaan Posyandu Anak

  • Penyambuatan oleh Dra Farida Selaku Kepala Desa Sekarjalak

Pada hari Jumat (5/1) di desa Sekarjalak, kami disambut dengan hangat oleh Ibu Kepala Desa Sekarjalak dan perangkat desa. Tim KKN desa Sekarjalak terdiri dari 8 orang mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yakni dari ilmu peternakan, arsitektur , teknik perkapalan ,  sastra Jepang, sastra Indonesia , antropologi, dan teknik geologi. Kegiatan ini berjalan relatif lancar.

Gambar 4. Penyambutan oleh Ibu Dra. Farida selaku Kepala Desa Sekarjalak.

Sabtu, 06 Januari 2018 – Karena hari ini bertepatan dengan hari Sabtu dan biasanya kegiatan di kantor desa ditiadakan , kami pun memutuskan untuk melakukan survei lapangan yang tersebar di beberapa RT/RW di Desa Sekarjalak. Dimana tujuan dari survei ini adalah untuk menemukan dan mengetahui permasalahan yang terjadi dilingkungan RT/RW . Dari permasalah tersebut, akan diupayahkan untuk dipecahkan dengan pemberian pengetahuan melalui displin ilmu pengetahuan yang kami punya. Bukan, hanya mencari titik permasalahan namun, kami juga turut bersillahturahmi dengan warga sekitarnya.

( a )                   ( b )                                     ( c )

Gambar 5 . ( a ) UMKM Perternakan Ikan Lele di RT 01 / RW 02, ( b ) Penyumbatan Selokan di RT 01 / RW 02 , ( c ) UMKM Kerupuk di RT 02 / RW 02

  • Pemberian Les kepada Anak tingkat SD di Lingkungan Posko KKN kami dan Pelaksanaan Kegiatan RT nan.

Jika pada siang harinya kami melakukan survei lapangan mengenai masalah yang terjadi dilingkungan RT/RW desa Sekarjalak , Pada malam harinya kami memberikan les beberapa pelajaran bagi anak SD.

Setelah memberikan les pada para murid SD, sekitar pukul 19.30 WIB mahasiswa KKN mengikuti kegiatan RT nan yang berlangsung di beberapa RT/RW Desa Sekarjalak. Kegiatan RT nan ini bertujan untuk membahas permasalah yang ada ditingkat RT. Bukan, hanya membahas permasalahan yang ada, kegiatan ini juga rutin dilaksanakan setiap bulan untuk mempererta tali sillhaturahmi antar tetangga dalam satu RT. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan hikmat dengan dengan diikuti oleh kurang lebih 20 orang.

                        ( a )                                                ( b )

Gambar 6 . ( a ) Pemberian Les Pada anak SD, ( b ) Kegiatan RT

Kamis, 11 Januari 2018 – Pada hari ini kami membantu salah satu teman KKN kami bersama dengan Ibu Saras dari Sastra Jepang, yang melaksanakan program pengabdian masyarakat  yang membahas tentang “Penggunaan Kertas Lipat Untuk Mencegah Penyakit Dimensia Pada Lansia “. Kegiatan ini dilaksanakan kira-kira pada pukul 09.00 WIB , yang bertempat di Balai Desa Sekarjalak. Sesuai dengan judulnya, yang menjadi peserta dari kegiatan ini adalah masyarakat lanjut usia di Desa Sekarjalak. Acara ini dibarengi dengan kegiatan rutin desa, yaitu cek kesehatan bagi masyarakat lanjut usia di Desa Sekarjalak. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 40 orang. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar tanpa kekurang sesuatu pun.

Gambar 7 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat dosen Dewi Saraswati S, S.S, M.Si dari Sastra Jepang FIB Undip

Editor: Dr. Adi Nugroho