Pentingnya Brand Awareness Produk, Mahasiswa KKN Undip Laksanakan Penyuluhan Door To Door Bagi Pelaku Usaha Mebel di Desa Petekeyan
Petekeyan, Jepara (14/08) – Di era digital saat ini, perkembangan bisnis mengalami peningkatan yang sangat pesat. Adanya pemasaran digital memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi para pelaku usaha, khususnya pelaku usaha mebel di Desa Petekeyan. Desa Petekeyan merupakan salah satu desa wisata yang mendapat julukan “Kampoeng Sembada Ukir” dimana sebagian masyarakat bekerja sebagai pengukir. Akan tetapi, masih dijumpai pengukir yang belum melek digital bahkan belum memiliki nama usaha. Pengukir hanya bisa melakukan promosi secara word of mouth kepada masyarakat. Terkait hal tersebut, maka diperlukan penyuluhan terkait pentingnya nama usaha/brand produk untuk mengenalkan produk mebel kepada masyarakat dan memperluas pangsa pasar. Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Undip Tahun 2022 memberikan penyuluhan tentang pentingnya brand awareness untuk meningkatkan pemasaran produk.
Pelaksanaan program penyuluhan pentingya brand awareness dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Juli 2022 melalui penyampaian materi menggunakan leaflet sebagai edukasi kepada Bapak Rifa’i sebagai salah satu pelaku usaha mebel yang masih berkembang di Desa Petekeyan. Materi yang diberikan pada penyuluhan ini diawali dari pengertian brand awareness, manfaat, tahapan, dan tips membangun brand awareness sebagai media promosi produk. Selain itu, mahasiswa Tim II KKN Undip juga membuat banner sebagai salah satu bentuk branding produk mebel milik Bapak Rifa’i. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan para pelaku usaha mebel dapat meningkatkan brand/nama usaha mebel agar bisa bersaing secara global.
Penulis: Umi Merdekawati (Universitas Diponegoro_Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik_Administrasi Bisnis_2019)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dra. Puji Astuti, M.Si