Transformasi Bisnis Digital, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Digital Marketing kepada Pelaku Usaha Makanan untuk Optimalisasi Pemasaran

Petekeyan, Jepara (14/08) – Saat ini, digitalisasi menjadi sangat penting dalam meningkatkan pemasaran bisnis. Adanya persaingan yang semakin ketat ditambah dengan teknologi yang pesat membuat pelaku bisnis harus mampu bertahan bahkan lebih unggul dari kompetitor. Hal tersebut juga dialami oleh pelaku usaha makanan di Desa Petekeyan dimana pelaku usaha makanan hanya mengandalkan pemasaran dan publikasi secara word of mouth kepada masyarakat setempat. Tak hanya itu, kurangnya pengetahuan tentang media digital menjadi salah satu faktor penyebab usaha tersebut masih berkembang hingga sekarang. Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Undip Tahun 2022 memberikan penyuluhan secara door to door kepada pemilik usaha makanan tentang strategi digital marketing untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan pendapatan.

Pelaksanaan program penyuluhan strategi digital marketing dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 melalui penyampaian materi menggunakan leaflet sebagai edukasi kepada Ibu Ulfa sebagai salah satu pelaku usaha makanan di Desa Petekeyan dengan nama usaha “Hana Snack & Catering”. Materi yang diberikan pada penyuluhan ini dimulai dari pengertian digital marketing, tujuan, kelebihan, strategi, dan cara pembuatan akun media sosial. Selain itu, mahasiswa Tim II KKN Undip juga membuat banner sebagai salah satu bentuk branding produk makanan “Hana Snack & Catering”. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan para pelaku usaha makanan dapat memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan pemasaran secara global.
Penulis: Umi Merdekawati (Universitas Diponegoro_Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik_Administrasi Bisnis_2019)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dra. Puji Astuti, M.Si