BANGKITKAN UMKM, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP LAKUKAN EDUKASI DAN MEMBANTU BRANDING KEMASAN PRODUK UMKM
Panggung Lor, Semarang Utara (14/08/2022) – Branding merupakan salah satu hal penting dalam suatu usaha. Branding dapat memberikan daya tarik bagi konsumen, membuka peluang usaha untuk menetapkan harga jual yang tinggi, serta menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk kita dengan produk pesaing. Selain meningkatkan rasa dan kualitas produk, diperlukan juga branding pada pengemasan dan pelabelan produk. Mengapa branding yang dilakukan pada kemasan itu penting? Karena kemasan yang menarik akan meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Hal tersebut melatarbelakangi mahasiswa TIM II KKN UNDIP, Melinda Setyani, untuk melakukan edukasi pada pelaku UMKM di beberapa RW di Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang untuk dapat meningkatkan branding terutama mengenai kemasan produk. Penyampaian sejumlah materi mengenai apa itu branding, jenis-jenis kemasan, cara memilih kemasan yang tepat, poin-poin penting yang harus tercantum pada label kemasan, serta pembagian booklet turut dilakukan agar pelaku UMKM lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
Kegiatan edukasi yang dilakukan pada Rabu (27/07/2022) diterima dengan baik oleh para pelaku UMKM di Kelurahan Panggung Lor. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa juga memberikan inovasi dan menunjukkan contoh prototype produk berupa kemasan yang telah disertai label yang berisi informasi mengenai produk yang akan dipasarkan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh sehingga dapat meningkatkan branding usahanya dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen serta dapat bersaing dengan UMKM lainnya.
Penulis : Melinda Setyani (Program Studi Teknologi Pangan – Fakultas Peternakan dan Pertanian)
DPL : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio
Lokasi KKN : Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang