Cegah Malas Belajar Matematika, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Ajarkan Matematika dengan Menggunakan Games Snowball Throwing
Temanggung (19/07/2022) Selama masa KKN mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengamati perkembangan siswa-siswi di SDN Canggal dalam proses belajar mengajar. Namun ternyata terdapat beberapa siswa atau siswi yang kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar terutama pelajaran matematika.
Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN mencoba mencari solusi alternatif yang mampu meningkatkan antusias siswa-siswi dalam belajar. Metode Games Snowball Throwing merupakan salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan Pendekatan Kontekstual (CTL). Games Snowball Throwing yang menurut asal katanya berarti ‘bola salju bergulir’ dapat diartikan sebagai model pembelajaran dengan menggunakan bola pertanyaan dari kertas yang digulung bulat berbentuk bola kemudian dilemparkan secara bergiliran di antara sesama anggota kelompok.
Kegiatan melempar bola pertanyan ini akan membuat kelompok menjadi dinamis, karena kegiatan siswa tidak hanya berpikir, menulis, bertanya, atau berbicara. Akan tetapi mereka juga melakukan aktivitas fisik yaitu menggulung kertas dan melemparkannya pada siswa lain. Dengan demikian, tiap anggota kelompok akan mempersiapkan diri karena pada gilirannya mereka harus menjawab pertanyaan dari temannya yang terdapat dalam bola kertas.
langkah-langkah yang harus dilakukan dalam metode snowball throwing antara lain:
Pertama, Guru menyampaikan materi yang akan disajikan dan kompetensi yang akan dicapai. kedua, Guru membentuk kelompok lalu memanggil masing-masing ketua kelompok untuk menerima penjelasan tentang materi. Keetiga, Ketua kelompok kembali ke kelompoknya kemudian menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada temannya. Keempat, setiap siswa diberkan satu lembar kertas untuk menuliskan satu pertanyaan yang menyangkut materi yang sudah disampaikan kettua kelompok. kelima, kertas yang berisi pertanyaan dibuat seperti bola dan dilempar atau diputar dari satu siswa ke siswa yang lain dengan durasi waktu tertntu. Keenam, siswa yang mendapat bola diberi kesempatan menjawab pertanyaan yang tertulis dalam bola kertas secara bergantian. Terakhir, Guru melakukan evaluasi dan penutup pelajaran.
Penggunaan pendekatan pembelajaran Games Snowball Throwing diharapkan dapat meningkatkan antusias siswa-siswi dalam melakukan kegiatan belajar matematika dan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa-siswi.
Penulis : Nisrina Hanif
DPL :Ir. Sulistyo, M.T., Ph. D
Lokasi KKN : Desa Canggal,Kecamatan Candiroto,Kabupaten Temanggung