Efektif dan Inovatif! Dukung Pelaku Usaha Mikro melek Teknologi Mahasiswa Tim II KKN UNDIP mengadakan Sosialisasi Pemasaran Digital

Whats-App-Image-2022-08-14-at-10-52-46-PM

Semarang (04/08) Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Tim II KKN Universitas Diponegoro (Undip) di Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan berhasil melakukan proker mono disiplin terkait sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro atau UMKM. Sosialisasi tersebut berupa pemaparan materi yang dipaparkan oleh Lisa Zuliasari (14030119140145/ Administrasi Bisnis), Inez Julieta Khasanah (14030119190131/ Administrasi Bisnis), dan Koleta Rumara Pramesi (14040119130126/ Ilmu Komunikasi).

Sasaran proker ini adalah pelaku usaha mikro atau UMKM. UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Salah satu kegiatan yang penting dilakukan dalam menjalankan usaha adalah promosi. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga bisa menarik minat masyarakat (pembeli). Dewasa ini perkembangan teknologi melesat dengan cepat dan mendorong terjadinya digitalisasi. Digitalisasi mengubah kebiasaan masyarakat termasuk kegiatan konsumsi. Hal ini menjadi peluang bagi pemilik usaha untuk memasarkan produknya secara digital. Namun, digitalisasi meningkatkan kompetisi yang mengakibatkan pelaku usaha harus melakukan inovasi yang efektif.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-10-51-47-PM

Ada banyak cara dan alat untuk melakukan pemasaran digital. Melihat permasalahan UMKM yang terdapat di Kelurahan Bulustalan Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan sosialisasi pemasaran digital dengan pemaparan materi berfokus pada media sosial Instagram dan Google Bisnisku. Sosialisasi pemasaran digital bagi UMKM dilaksanakan di Balai Kelurahan Bulustalan yang dihadiri oleh anggota Teras Bulan. Teras Bulan adalah perkumpulan UMKM yang berada di Kelurahan Bulustalan. Kegiatan meliputi pemaparan materi dengan power point dilanjutkan dengan tanya jawab dan tutorial penggunaan aplikasi digital Instagram dan Google bisnisku. Peserta yang merupakan pelaku usaha mikro atau UMKM terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi. Pada sesi tutorial pembuatan akun Google Bisnisku tampak para peserta antusias dan tertarik untuk membuat akun Google Bisnisku.

Sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro diharap dapat meningkatkan skala penjualan dan meningkatkan pendapatan UMKM di Kelurahan Bulustalan. Pemasaran digital diharapkan dapat menjadi media yang baik untuk menjadikan usaha atau produk usaha lebih dikenal dan mudah dicari oleh masyarakat secara luas.

Penulis : Inez Julieta Khasanah
Dosen Pembimbing : Muhammad Arief Zuliyan, S.IP., LL.M
Lokasi : Kel. Bulustalan , Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah