Kurangi Adiksi Gadget, Mahasiswa Universitas Diponegoro Melakukan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Parental Kontrol Melalui Google Family Link

TK-Nasional

Pandeglang (2/8/2022) – Banyaknya orang tua yang merasa sibuk sehingga gadget tidak jarang dijadikan senjata ampuh para orang tua untuk membuat anak tenang sekaligus betah di rumah. Sayangnya, jika hal ini terlalu sering dilakukan, justru dapat menyebabkan anak kecanduan gadget. Hal tersebut memunculkan keluhan dari para orang tua mengenai anak mereka yang terlalu sering bermain dengan gadget seperti smartphone. Berdasarkan data yang diperoleh, anak-anak menghabiskan hampir 7 jam dalam sehari menggunakan gadget. Terdapat beberapa kasus anak-anak tersebut mengalami penurunan prestasi, gangguan kesehatan, dan gangguan psikologis. Banyak juga dampak negatif dari kurangnya pengawasan terhadap aktivitas anak ketika bermain dengan gadget.

Google-Family-Link

Tanpa pengawasan orang tua, gadget akan memberi pengaruh negatif terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua harus bisa mendidik anak tanpa harus merebut haknya untuk mampu mengakses informasi digital, sehingga gadget bisa menjadi perangkat yang efektif. Masyarakat khususnya orang tua perlu dibekali mengenai bagaimana menggunakan kendali orang tua (Parental Control) terhadap penggunaan gawai serta akses internet oleh anak anak dan remaja. Google telah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua agar bisa mengontrol pemakaian gadget anak meski tak bisa menemani mereka sepanjang waktu. Setiap aktivitas anak saat menggunakan gadget dapat diawasi dan dibatasi sesuai dengan kebijakan yang diterapkan. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan Google Family Link kepada orang tua agar bisa memantau anak mereka saat menggunakan gadget.

Penggunaan aplikasi Google Family Link memungkinkan orang tua untuk mengontrol penggunaan smartphone android pada anak. Misalnya, orang tua dapat memblokir jenis konten tertentu untuk mengurangi risiko anak terpapar materi yang tidak sesuai usia (musik dengan lirik eksplisit, game, dan tayangan yang tidak cocok untuk anak). Orang tua juga dapat memberikan batasan waktu penggunaan smartphone sehingga anak dapat menggunakan waktunya untuk belajar dan beristirahat.

Penulis : Faishal Bintang Pratama ( 21060119130070 – Teknik Elektro)
Lokasi : Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang
Dosen Pembimbing Lapangan : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum