Kesehatan Balita Terancam, Mahasiswa Undip Bantu Beri Penyuluhan Cegah Stunting

3

Sidorejo, Magelang (29/07/2022) – Permasalahan stunting masih menjadi salah satu permasalahan yang kompleks di negara berkembang seperti Indonesia. Stunting itu sendiri adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama. Masalah stunting dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit, pertumbuhan otak yang kurang maksimal serta tidak adanya pertumbuhan yang memadai pada anak.

Kecamatan Tegalrejo menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Magelang yang memiliki angka stunting cukup tinggi yaitu sebesar 27 persen. Hal ini menyebabkan pencegahan dan pengentasan stunting menjadi salah satu fokus utama dalam program kerja Kecamatan Tegalrejo.

Melihat permasalahan tersebut, KKN Tim II UNDIP yang berlokasi di Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo kemudian melakukan sosialisasi pencegahan stunting kepada ibu-ibu posyandu Desa Sidorejo. Mengusung tema “Pencegahan Stunting pada Anak Usia Dini”, sosialisasi yang dibawakan oleh mahasiswa KKN tersebut disertai dengan penayangan video tutorial pembuatan nugget sayur. Sasaran dari acara tersebut adalah ibu-ibu Posyandu Desa Sidorejo dengan jumlah sekitar 25 orang.

Salah satu faktor penting dalam pencegahan stunting adalah tercukupinya gizi anak sejak dalam kandungan hingga setelah lahir. Berangkat dari hal itu, mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif menayangkan video edukasi pembuatan nugget sayur kepada para ibu posyandu agar dapat dipraktekkan dirumah dalam rangka mencukupi kebutuhan gizi pada anak. Selain melakukan sosialisasi dan penayangan video edukasi, mahasiswa KKN UNDIP juga membagikan produk nugget sayur kepada ibu-ibu posyandu yang hadir untuk dapat dikonsumsi. Nugget sayur memiliki protein tinggi yang dipercaya dapat mencegah stunting. Selain itu nugget sayur menjadi terobosan baru agar anak yang tidak suka sayur tetap mau makan sayur.
1

2

Puji syukur alhamdulillah acara sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP tersebut dapat berjalan lancar serta mendapat respon yang positif dari masyarakat khususnya ibu-ibu posyandu. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam pengurangan angka stunting di Desa Sidorejo.

Penulis : Siti Nur Halimah (Teknik Kimia)- FT Undip
Yurika Santi (Administrasi Publik)- FISIP
DPL : Irawati S. H., M. H.
Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang