MUDAH SEKALI! MAHASISWA TIM II UNDIP MEMBUAT TEMPAT SAMPAH PEMILAHAN DARI BARANG BEKAS

Penyerahan Sampel Tempat Sampah Pemilahan dari Barang Bekas

Kenteng, Kab. Semarang (27/07/2022). Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 melaksanakan program monodisiplin penyuluhan pembuatan tempat sampah pemilahan kepada ibu-ibu guna membantu mereka mengadakan tempat sampah untuk memilah sampah dari rumah di Dusun Clowok, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Tempat sampah pemilahan berguna untuk memilah sampah yang dibuang. Terdapat dua jenis sampah yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik berisi sampah yang mudah didaur ulang seperti daun, sayuran, buah-buahan dan sisa makanan. Sedangkan sampah anorganik berisi sampah yang tidak mudah didaur ulang seperti botol, kaleng, gelas kaca, dan plastik bekas. Kegiatan memilah sampah sangat bermanfaat antara lain dapat menghindari sampah bau karena tercampurnya sampah organik dan anorganik, pengolahan sampah yang mudah karena sampah anorganik dapat dijual ke bank sampah maupun dibuat menjadi kerajinan, serta sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi kompos, ecoenzim, biopori, dan lain sebagainya.

Penyuluhan Pembuatan Tempat Sampah Pemilahan di Dusun Clowok

Penyuluhan pembuatan tempat sampah pemilahan disampaikan kepada ibu-ibu PKK di Dusun Clowok saat sosialisasi pemilahan dan pengelolaan sampah. Penampilan video tutorial membuat tempat sampah pemilahan ditampilkan melalui proyektor dan disimak ibu-ibu. Sampel tempat sampah diberikan kepada Ibu Kepala Dusun Clowok sebagai contoh untuk pembuatan tempat sampah warga di Dusun Clowok. Video tutorial pembuatan tempat sampah juga dapat dilihat di Youtube Nova Astriyani dengan link https://bit.ly/TempatSampahPemilahan . Ibu-ibu antusias mendengarkan dan menyimak cara pembuatan tempat sampah pemilahan untuk kemudian menerapkan pemilahan sampah dari rumah. Harapannya warga Dusun Clowok pada khususnya serta Desa Kenteng pada umumnya dapat memanfaatkan barang bekas untuk membuat tempat sampah pemilahan serta warga menjadi sadar dan peduli untuk membuang sampah pada tempat sampah sesuai jenis sampahnya.

Sosialisasi Pemilahan dan Pengelolaan Sampah di Dusun Clowok

KKN Reguler Undip Tim II 2021/2022
Penulis : Nova Astriyani
Prodi : Teknik Industri
Fakultas : Fakultas Teknik
DPL : Ir. Ibnu Pratikto, M. Si
Lokasi KKN : Desa Kenteng, Kec. Bandungan, Kab. Semarang

#KKNtimIIperiode2022
#P2kknundip
#lppmundip
#undip