UMKM PERKOKOH PONDASI EKONOMI NASIONAL MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM BERKELANJUTAN DAN DIGITALISASI PEMASARAN

2A

Gambar 1 Pelaksanaan Program Monodisiplin 2 di Rumah Ketua UMKM Lele

Boyolali, 31 Juli 2022 – Keberadaan UMKM di Indonesia sedikit banyak telah membantu menggerakkan roda ekonomi dalam negeri terutama pada ekonomi rakyat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disingkat dengan UMKM menjadi sektor usaha yang sudah diakui peran pentingnya dalam perekonomian Indonesia. Seiring dengan berputarnya arah globalisasi, mau tidak mau semua sektor harus memulai untuk dapat beradaptasi dengan kondisi atau keadaan yang sedang terjadi hari ini. Teknologi, internet, media sosial hingga era digitalisasi kini telah menjadi suatu gaya hidup ditengah masyarakat. Globalisasi inilah yang membawa keterbukaan dan menghubungkan berbagai macam negara, mulai dari politik, perdagangan, ekonomi, sosial hingga budaya. Didalam perdagangan, globalisasi inilah yang menjadi suatu tantangan bagi UMKM yang diharapkan mampu turut mengikuti arah globalisasi dan mulai beradaptasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Digital marketing menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di masa globalisasi ini. Penerapan digital marketing memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM diantaranya jangkauan yang lebih luas, biaya pemasaran yang lebih murah, dan pemasaran digital juga memungkinkan UMKM untuk bersaing dengan merek dan perusahaan besar.

https://ibb.co/TYhRtgB

Gambar 2 Pemaparan Materi Motivasi UMKM Berkelanjutan

2C

Gambar 3 Antusiasme Kelompok UMKM Ternak Lele

Upaya pemberdayaan UMKM berkelanjutan melalui digitalisasi pemasaran baru – baru ini dilaksanakan oleh Alma Kamilia Khansa (21) selaku Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro di UMKM Ternak Lele Desa Kebonbimo.

Kegiatan dilaksanakan Minggu, 31 Juli 2022 dan diikuti dengan antusias oleh anggota kelompok UMKM Ternak Lele. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi motivasi UMKM berkelanjutan yang berpedoman dari Kementerian Tenaga Kerja dan pemaparan mengenai pengenalan pemasaran secara digital. Selanjutnya, diadakan diskusi ringan antara mahasiswa dengan kelompok UMKM lele terkait kendala dan tantangan yang dihadapi UMKM terkait dan solusi – solusi yang bisa diambil UMKM dalam menyikapi kendala dan tantangan yang ada.

Seluruh anggota UMKM Ternak Lele diwakili oleh ketua kelompok, Bp. Rachmanto menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa karena merasa senang mendapatkan kesempatan berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai keberlanjutan UMKM. Anggota ternak lele berharap dengan adanya kegiatan ini maka UMKM ternak lele dapat berkembang secara lebih baik dan dapat meningkatkan penjualan di musim panen berikutnya.

Penulis : Alma Kamilia Khansa
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.
Lokasi : Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah