PENTINGNYA AKTA LAHIR, MAHASISWA UNDIP BERIKAN EDUKASI WARGA TERKAIT AKTA LAHIR

Magelang (31/7)– Akta lahir merupakan bukti otentik bahwa orang tersebut telah lahir dari orang tua siapa dan telah lahir dimana pada tanggal berapa. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1999 Pasal 53 ayat 2 juga telah menyebutkan bahwa “ setiap anak sejak kelahirannya, berhak atas suatu nama dan status kewarganegaraan”.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya akta lahir dan pengetahuan untuk bisa membuat akta lahir secara online masih sangat minim. Tidak dapat dipungkiri bahwa peranan akta lahir pada zaman sekarang sangatlah penting, seperti sebagai syarat untuk masuk sekolah dari TK sampai perguruan tinggi, untuk mewujudkan kepastian hukum bagi seorang anak, sebagai syarat untuk menjadi ahli waris, dan lain sebagainya. Dalam pasal 55 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan juga disebutkan bahwa asal-usul seorang anak hanya dapat dibuktikan berdasarkan akta lahir yang otentik, yaitu yang dikeluarkan oleh perjabat yang berwenang.

Mahasiswa Undip menilai bahwa edukasi terkait kepemilikan akta lahir dan bagaimana cara membuat akta lahir secara online perlu dilakukan mengingat akan pentingnya memiliki akta lahir. Mahasiswa Undip mengundang 16 Warga Desa Kebonlegi pada Hari Minggu, Tanggal 31 Juli 2022 untuk melakukan edukasi terkait akta lahir. Mahasiswa Undip menjelaskan apa aitu akta lahir, apa pentingnya memiliki akta lahir, bagaimana dampak apabila tidak memiliki akta lahir, dan bagaimana cara membuat akta lahir secara online.

<pstyle=“text-align:center”>A6-C9-C6-E4-1-F0-A-4456-9277-F3-E6-CBF3-E43-C

Dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait akta lahir, Mahasiswa Undip juga membagikan brosur yang berisi syarat dan cara untuk membuat akta lahir secara online. Dengan adanya edukasi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat baik itu dari pentingnya memiliki akta lahir, dampak tidak memiliki akta lahir, dan cara membuat akta lahir secara online.

Penulis : Muhammad Ubaidillah Alfaruk

DPL : Triyono, S.H., M.Kn