Ikan di Laut Indonesia Makan Plastik?Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Edukasi Pentingnya Menjaga Lingkungan Laut sedari Dini

IMG-2260

Semarang (14/07/2022) – Pencemaran Sampah di Laut saat ini semakin memburuk akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan di sekitarnya. Bagaimana jika kondisi ini terus berlanjut?Seberapa bahayakah dampak yang nanti akan ditimbulkan?lalu bagaimana dengan nasib biota yang hidup di dalamnya?

Anak-anak menjadi generasi penerus yang nantinya akan menentukan bagaimana keadaan dimasa mendatang, termasuk dengan kondisi lingkungan. Maka daripada itu perlu untuk menanamkan kebiasaan agar menjaga lingkungan sedari dini. Hal ini nantinya akan menjadi kesadaran yang akan timbul seiring dengan bertambahnya usia.

IMG-2275

Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan Edukasi terkait beragamnya biota laut kepada anak-anak di Rumah Pintar, Dadapsari, Semarang Utara. Kegiatan ini dilakukan pada kelas melukis dengan tujuan untuk menanamkan pentingnya menjaga lingkungan laut sedari dini, karena jika tidak akan mengancam berbagai macam biota yang hidup di dalamnya.

Semakin banyaknya sampah yang dibuang ke laut nantinya juga akan meningkatkan kadar mikroplastik di lautan. Hal tersebut tentunya berbahaya bagi biota yang ada disekitarnya, karena dapat termakan, bahkan bisa sampai ke tubuh manusia apabila mengkonsumsinya

Bahkan Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Safri Burhanuddin mengklaim, per 2019 ini, pihaknya menemukan sekitar 80 persen dari ikan di laut Indonesia terkontaminasi sampah plastik. Angka ini, menurut Safri melonjak drastis dibanding lima hingga enam tahun lalu.

#KKNUNDIP #TIM2KKNUNDIP #P2KKNUNDIP
Penulis : Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Dadapsari
DPL : Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E
Hanin Athaya Widantoko 26010119130087
FPIK