Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Sosialisasi Pentingnya Branding pada UMKM dalam rangka Meningkatkan Penjualan

Desa Pagersari (28/07/2022) seperti yang kita ketahui saat ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat sehingga setiap usaha perlu memiliki ciri khas tersendiri sehingga dapat dikenali dan memiliki daya tarik bagi konsumen. Program kerja ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat sebagai pelaku UMKM tentang pentingnya melakukan branding mengenai produk yang mereka hasilkan. UMKM di Desa Pagersari mayoritas belum memiliki branding yang baik dalam memasarkan produk mereka, beberapa area branding yang belum dijangkau berupa pengembangan merek melalui penciptaan desain visual, nama usaha dan logo yang menarik.

APA-ITU-BRANDING

Program sosialisasi ini ditujukan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pagersari untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sebuah branding produk. Adanya program ini bertujuan agar produk dari pemilik usaha dapat mudah dikenal dan tertanam di benak konsumen yang berdampak pada peningkatan penjualan. Kegiatan branding yang dilakukan adalah penciptaan logo serta memperbaiki packaging. Keuntungan dari kegiatan branding sendiri adalah memberikan daya tarik kepada konsumen, memudahkan UMKM dalam mendapatkan loyalitas pelanggan, serta sebagai pembeda produk terhadap pesaing.

Pelaksanaan program ini diawali dengan pembuatan poster yang menjelaskan definisi, manfaat serta unsur-unsur dalam branding secara sederhana pada UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi secara langsung dengan mendatangi UMKM, selanjutnya membantu dalam pembuatan logo dan memperbaiki packaging dari produk UMKM tersebut sehingga lebih menarik dan mudah dikenal. Pemilik usaha memberikan tanggapan yang baik akan adanya program kerja ini.

photo-2022-07-30-08-57-00

Dengan demikian, diharapkan dengan penerapan branding pada usaha masyarakat dapat membantu dalam kegiatan pemasaran produk serta memudahkan konsumen dalam mengenali produk yang berdampak pada peningkatan penjualan.

Penulis : Ilham Ramadhan (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik)
Dosen : Muhyidin Mughni S.Ag, M.Ag, M.H.
Lokasi : Desa Pagersari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung