Kenali Gaya Belajar Tingkatkan Prestasi, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 Sosialisasi Gaya Belajar di SD N Bandongan 3

Screenshot-16
Screenshot-19

Gambar. Materi Gaya Belajar

Lokasi: SD Negeri Bandongan 3

Bandongan, Kabupaten Magelang (23/07/2022). Pergantian metode belajar siswa dari sebelum pandemi hingga pasca pandemi membuat siswa perlu adaptasi. Metode pembelajaran dari tatap muka, daring sampai hybrid telah dilalui. Dalam menuntut ilmu siswa diharuskan dapat menyerap ilmu dengan optimal. Kemampuan setiap  anak  dalam menyerap ilmu yang disampaikan berbeda – beda. Guna mengoptimalkan kemampuan anak dalam mencapai prestasi perlu mengenali gaya belajar.

Setiap anak punya gaya belajar sendiri dan unik. Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 Desa Banyuwangi mengadakan sosialisasi gaya belajar di SD N Bandongan 3. Sosialisasi gaya belajar dilaksanakan pada siswa kelas 6. Sosialisai dengan memaparkan materi berupa powerpoint yang ditampilkan di depan kelas. Sosialisasi gaya belajar berisi tentang pengertian gaya belajar, macam – macam gaya belajar dan karakteristiknya. Macam – macam gaya belajar menurut Fleming dan Mills (1992) antara lain visual, auditory, kinestetic / tactile, gaya belajar global, dan analitik. Materi diselingi tanya jawab interaktif antara mahasiswa dan siswa. Siswa antusias mendengarkan sosialiasi. Diharapkan sosialisasi gaya belajar ini dapat dipahami dan diterapkan siswa guna mengoptimalkan penyerapan belajar siswa.

LINE-ALBUM-kkn-sd-sabtu-tgl-23-220815-9
LINE-ALBUM-Posyandu-Sangubanyu-220809-136

Gambar 2. Sosialisasi Gaya Belajar