MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN EDUKASI KEPADA PETERNAK JETAK MENGENAI PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI ECO ENZYM UNTUK DISENFEKTAN KANDANG

Jetak, Duren, Bandungan (11/08/2022). Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim 2 Tahun 2022 melaksanakan program monodisiplin mengenai pembuatan Eco- enzym untuk disenfektan kandang. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat setempat khususnya peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dalam meningkatkan produktivitas ternak dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa.

Secara geografis, Desa Duren terletak di daerah dataran tinggi dengan komoditas unggulan berupa sayur dan buah sehingga seringkali ditemukan sisa sisa baik dari hasil jual, maupun panen yang terbuang. Sisa atau limbah tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan menjadi sebuah produk melalui teknologi fermentasi berupa cairan eco enzyme yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman, cairan pembersih, pengusir hama dan serangga.

Pada bidang peternakan sendiri, mayoritas masyarakat Dusun Jetak beternak kambing dan domba sebagai pekerjaan sampingan dimana setiap peternak memiliki populasi sekitar 3-10 ekor. Kondisi peternakan pun juga tergolong cukup baik karena didukung dengan adanya fasilitas kandang yang sesuai, namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ternak salah satunya adalah kebersihan kandang. Proses kebersihan kandang harus dilakukan secara tuntas dengan melakukan disenfektan kandang secara rutin guna membunuh bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Kegiatan edukasi dilakukan oleh Salsabila Rahadatul ‘Aisyi, Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian , bertempat di salah satu rumah warga RT 01 Dusun Jetak dengan audience peternak yang tergabung dalam kelompok PKK.

Acara edukasi dimulai dengan penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan metode pembuatan eco enzim, dan cara penggunaannya sebagai disenfektan kandang. Setelah itu, dilanjutkan dengan praktek dan sesi tanya jawab. Peternak terlihat antusias saat kegiatan berlangsung karena bahan yang digunakan dalam pembuatan eco enzyme merupakan bahan yang mudah didapat seperti air, botol bekas, limbah organic (sayur dan buah – buahan). Selain itu, metode dan cara penggunaan nya pun cukup efektif jika diaplikasikan dalam keseharian. Dengan dadakannya edukasi ini, peternak diharapkan mampu meningkatkan kebersihan kandang menggunakan bahan herbal.

Penulis : Salsabila Rahadatul ‘Aisyi
Fakultas : Peternakan dan Pertanian
DPL : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si