Penuhi Nutrisi dengan Harga Terjangkau Mahasiswa KKN Undip bagikan Alternatif Olahan Makanan dari Ikan Bandeng

IMG-2952

Semarang (06/08/2022) – Indonesia merupakan negara maritim, dimana sebagian besar wilayahnya terdiri atas perairan yang memiliki kekayaan sumberdaya pangan hewani berupa ikan yang sangat melimpah. Namun, dengan potensi perairannya tersebut, apakah konsumsi nutrisi masyarakat Indonesia telah terpenuhi seluruhnya?atau hanya beberapa oknum tertentu saja yang dapat merasakannya?

Ikan sendiri memiliki peran penting sebagai sumber energi, protein dan variasi nutrien esensial yang menyumbang sekitar 20% dari total protein hewani. Bahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menyebutkan bahwa dengan potensi kekayaan laut yang melimpah, pencegahan stunting pada anak di Indonesia dengan cara gemar makan ikan bukan menjadi perkara yang sulit.

IMG-2937

Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan sebuah alternatif dalam upaya pemenuhan nutrisi untuk konsumsi sehari-hari, yakni dengan melakukan demonstrasi pembuatan nugget berbahan dasar ikan bandeng. Demo Pembuatan Nugget Ikan Bandeng ini ditujukan kepada Ibu-ibu di Kelurahan Dadapsari. Selain mudah untuk dibuat, nugget ikan bandeng juga memiliki harga yang relatif terjangkau, sehingga dapat dibuat untuk konsumsi sehari-hari.

Ikan Bandeng dipilih menjadi bahan dasar olahan nugget karena kandungan nutrisinya yang tinggi serta dapat menunjang tumbuh kembang anak dalam masa pertumbuhannya. Selain itu, Ikan Bandeng memiliki harga yang relatif terjangkau dengan kandungan nutrisinya yang hampir setara dengan Ikan Salmon.

Olahan ikan bandeng menjadi nugget akan menjadi alternatif makanan yang akan lebih disukai oleh balita, anak-anak maupun orang dewasa dengan harga yang lebih terjangkau serta kualitas dan gizi yang lebih baik. Dengan olahan tersebut diharapkan asupan gizi akan meningkat, dan akan meningkatkan status gizi mereka.

#KKNUNDIP #TIM2KKNUNDIP #P2KKNUNDIP
Penulis : Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Dadapsari
DPL : Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E
Hanin Athaya Widantoko 26010119130087
FPIK