Lancarkan ASI, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP galakkan “Edukasi Breast Care bagi Ibu Hamil dan Ibu Setelah Melahirkan”

IMG-20220815-190030

Magelang (27/07/2022) – Breast care atau perawatan payudara merupakan salah satu cara merawat payudara yang dilakukan kepada ibu hamil dan ibu setelah melahirkan untuk menjaga kebersihan payudara dan untuk menonjolkan puting susu ibu apabila masih masuk ke dalam atau datar. Hal ini perlu dilakukan pada ibu hamil dan ibu yang baru saja melahirkan karena payudara merupakan organ reproduksi wanita yang akan mengalami perubahan pada saat kehamilan seperti adanya perubahan warna pada areola dan terjadi pembesaran kelenjar payudara. Pada saat kehamilan payudara ibu juga harus sering dibersihkan agar payudara menjadi bersih dan sehat sehingga akan mendukung produksi ASI yang baik sebagai nutrisi utama bagi bayi. Di Desa Progowati terdapat ibu hamil dan ibu yang menyusui yang belum mengetahui mengenai breast careĀ  atau perawatan payudara. Padahal breast care merupakan salah satu hal yang penting dilakukan oleh ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan untuk membersihkan daerah payudara dan memperlancar ASI.

Berdasarkan permasalahan tersebut Mahasiswa KKN TIM II UNDIP menyelenggarakan edukasi breast care bagi ibu hamil dan ibu setelah melahirkan di Desa Progowati tepat untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan di desa Progowati masih banyak ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan belum mengetahui breast care. Edukasi breast care yang diberikan kepada ibu hamil dan ibu baru melahirkan di Desa Progowati akan memberikan manfaat berupa menjaga kebersihan payudara ibu, untuk menonjolkan puting payudara, untuk mencegah terjadinya penyumbatan, dan untuk memperlancar produksi ASI. Dalam edukasi ini juga akan diberikan penjelasan mengenai perubahan yang terjadi pada saat kehamilan dan setelah melahirkan serta akan diberi tahu langkah – langkah bagaimana cara melakukan breast care yang benar kepada ibu.

IMG-20220815-190218
Pelaksanaan Program Edukasi Breast Care

Dalam pelaksanaan program edukasi mengenai breast care ini semuanya dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya ibu hamil dan ibu menyusui dalam menyimak materi yang diberikan. Dalam pelaksanaannya juga terdapat ibu yang bertanya memgenai hal yang belum dipahami. Ibu hamil dan ibu menyusui yang hadir dalam program edukasi ini mengatakan bahwa ingin mencoba mempraktikkan breast care sesuai dengan teknik yang sudah diajarkan karena terdapat ibu yang mengeluh menganai ASI yang tidak lancar.

Setelah diadakannya program edukasi mengenai breast care diharapkan ibu hamil dan ibu menyusui yang ada di Desa Progowati dapat mencoba melakukan breast care untuk menjaga kesehatan payudara dan juga bisa bermanfaat untuk melancarkan ASI. Program ini juga diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan ibu serta membawa dampak positif bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

IMG-20220815-190113
Pembagian Leaflet Mengenai Breast Care
breast-care
Leaflet Breast Care

Nama : Lisa Atika Putri

DPL : Triyono., S.H., M.Kn

Lokasi KKN : Desa Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang