SOSIALISASI “WAJIB KULIAH” DILAKSANAKAN TIM KKN UNDIP DEMI MENINGKATKAN TARAF PENDIDIKAN DI DESA JATIMULYA

Desa Jatimulya, Tangerang (04/08/2022) Tim KKN UNDIP baru saja melaksanakan kegiatan sosialisasi pentingnya berkuliah dalam rangka meningkatkan taraf pendidikan kepada anak SMP kelas 9 di Desa Jatimulya, Kabupaten Tangerang. Kegiatan itu terbagi menjadi dua sesi yang masing-masing sesi dihadiri sekitar 120 anak. Sosialisasi ini dilaksanakan setelah agenda sosialisasi narkoba dan kenakalan remaja. Agenda kali ini turut dimeriahkan dengan kerjasama antara Tim KKN UNDIP dan Tim KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kerjasama tersebut turut memaksimalkan acara yang terlihat dengan antusiasme para siswa terhadap keberjalanan sosialisasi tersebut. Materi “Pentingnya Berkuliah” disampaikan oleh para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Desa Jatimulya. Agenda tersebut ditujukan tidak lain agar para siswa memahami pentingnya pendidikan, baik pada jenjang SMA maupun pada jenjang perkuliahan.

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia, ini
berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, Pendidikan tidak akan ada habisnya, Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu salah satu tujuan negara adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sudah sepatutnya kita sebagai mahasiswa untuk turut menggaungkan semangat belajar kepada orang di sekitarnya. Sehingga kegiatan KKN ini dijadikan kesempatan untuk menyebarkan semangat belajar tersebut. Penyampaian materi juga berkaitan dengan UU Pendidikan Tinggi yang telah dibentuk oleh pemerintah untuk mengatur kejelasan ataupun hal yang berkaitan dengan taraf pendidikan di jenjang perkuliahan.

Harapannya setelah diselenggarakannya kegiatan ini, para siswa dapat SMP Jatimulya dapat semakin terpacu dan termotivasi dalam mengejar ilmu dan pendidikan setinggi-tingginya. Sebagaimana kutipan yang mengatakan bahwa “Ilmu itu didatangi, dan tidak datang dengan sendirinya” maka kita harus berusaha mengejar ilmu dan meraih pendidikan setinggi-tingginya dengan usaha.

Penulis: Mohamad Nouval Riandi (S1 Ilmu Hukum – Fakultas Hukum Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan:
Lokasi: Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang