Tingkatkan Etika dan Moral Pada Anak Sejak Dini, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Etika Dan Moral Kepada Siswa-Siswi SD

Whats-App-Image-2022-08-15-at-18-49-17

Sumber : Dok. Pribadi

Samiran, Boyolali (25/07/2022) Moralitas dan etika merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Semakin dewasa, maka semakin kita harus memiliki etika dan moral yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Etika melibatkan analisis dan penerapan konsep-konsep seperti baik, buruk, salah, benar, dan tanggung jawab. Sedangkan moralitas adalah pengetahuan yang berkaitan dengan perilaku manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk.

Sejak kecil kita diajarkan untuk bermoral dan beretika. Kami tidak hanya menerima moralitas dan etika di rumah melalui keluarga, meskipun keluarga adalah pihak yang bertanggung jawab utama untuk pengajaran moral dan etika. Moralitas dan etika juga bisa kita dapatkan dari lingkungan sosial kita seperti teman, sahabat, guru, dll. Secara tidak sadar, kita bisa belajar menanamkan moralitas dan etika dalam diri kita dengan melihat perilaku seseorang, berpikir kritis, menghargai orang lain, dan menghargai orang dengan sudut pandang yang berbeda.

Seiring dengan perkembangan zaman dan tekonolgi, komunikasi dan ilmu pengetahuan. Hal ini membuat arus globalisasi semakin naik. Banyak fenomena masalah sosial yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini di era modern akibat globalisasi. Misalnya fenomena kemerosotan moral yang terjadi pada generasi muda. Kemerosotan moral ditandai dengan adanya berbagai pelanggaran dan kejahatan yang ada di masyarakat, seperti mencuri, berbicara kasar, hilangnya rasa hormat kepada yang lebih tua, dll, adanya perilaku negatif ini merupakan tanda kehancuran suatu bangsa.

Moralitas pada generasi muda saat ini terutama pada anak-anak sudah luntur, banyak sekali anak-anak zaman sekarang yang berperilaku tanpa moral didalamnya. Berdasarkan situasi tersebut membuat Siti Sarah Nurfaidah mahasiswi KKN Tim II UNDIP Tahun 2022 berinisiatif untuk melaksanakan program kerja KKN berupa memberikan edukasi mengenai etika dan moral kepada siswa-siswi SD tentang Pengertian etika, pengertian moral, pengertian norma-norma, macam-macam norma, contoh-contoh etika yang baik, dan memberitahu dampak jika tidak mempunyai etika yang baik dalam masyarakat.

Whats-App-Image-2022-08-15-at-18-07-23

(Pelaksanaan edukasi mengenai etika dan moral di SDN 2 Samiran) Sumber : Dok. Pribadi.

Edukasi ini dilaksanakan pada Senin (25/07/2022) di SDN 2 Samiran, Kec. Selo, Boyolali dengan dihadiri 20 orang siswa-siswi kelas 5 SD. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari siswa-siswi kelas 5 SD. Diharapkan dengan adanya edukasi ini dapat memberikan wawasan kepada anak-anak mengenai etika dan moral agar anak-anak dapat mempunyai etika dan moral yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh : Siti Sarah Nurfaidah (Mahasiswa Fakultas Hukum, KKN Tim II UNDIP Tahun 2022)
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Khairul Anam, S.Si., M. Si