HOT NEWS!! Siap Menjadi Generasi Milenial Anti Korupsi: Mahasiwa KKN TIM II UNDIP Mengedukasi Para Siswa- Siswi SD N Somorejo tentang “Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini”

PAK-KKN-kompas

Somorejo, Purworejo (20/07/2022).Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan edukasi kepada para siswa-siswi di SD N Somorejo yaitu kelas 4 mengenai Pendidikan anti korupsi sejak dini. Pendidikan Anti Korupsi (PAK) adalah sebuah gerakan budaya dalam menumbuhkan nilai antikorupsi sejak dini. Di masa kini, berita mengenai tindak pidana korupsi dan perilaku koruptif sangat marak terjadi di mana saja. Terjadi di hampir semua daerah di Tanah Air, di semua level, dan di semua segi kehidupan dengan beragam jenis, modus, dan kompleksitas. Padahal kita semua tahu bahwa korupsi adalah perilaku yang tidak bermoral. Tujuan diadakan kegiatan edukasi “Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini” adalah untuk mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi sehingga tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan mengerti sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Untuk menanamkan sifat anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan disiplin, selalu jujur dalam perkataan atau perbuatan, bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan apa pun, dan tidak berbohong sampai kapan pun baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah.

Sosialisasi Pendidikan Anti korupsi sejak dini juga dilakukan dengan latar belakang mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki indeks korupsi Indonesia yang menempati peringkat 98 dari total 180 negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia.

PAK-KKN-kompas-2

Pada kegiatan edukasi ini, penyampaian materi dilakukan secara lisan disertai pemutaran video yang diberikan berisi definisi korupsi, contoh tindakan yang termasuk korupsi di dalam lingkungan sekolah, bagaimana cara mencegahnya, serta menjelaskan 9 nilai anti korupsi yang penting diajarkan kepada peserta didik untuk membantu membentengi dari sikap korupsi yaitu kejujuran, kepedulian, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Saat ditengah-tengah pembelajaran kami juga menyerukan sebuah yel-yel yaitu “PRESTASI? YESS!! KORUPSI? NO!!. Pembagian output materi berupa poster serta stiker.

PAK-stiker-anak

Selama kegiatan ini berlangsung, para siswa-siswi kelas 4 aktif memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait contoh bentuk korupsi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Kegiatan edukasi Pendidikan anti korupsi sejak dini ini juga mendapat sambutan yang baik oleh Bapak Ibu Guru SD N Somorejo terutama guru PPKN karena dinilai sejalan dengan program kurikulum yang ada.

Penulis : Alya Farah Fadhilah (14020119120018), Administrasi Publik, FISIP
Lokasi : Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
Dosen Pembimbing Lapangan : Yayuk Endang Irawati, S.S, M.A
KKN TIM II TAHUN 2021/2022