BANSOS TIDAK TEPAT SASARAN? VERVAL DTKS DINSOS MENJADI JAWABAN

Proses Survei dalam rangka pendataan DTKS Dinsos

Sidorejo, Magelang (27/07/2022) – Kesejahteraan masyarakat secara merata masih menjadi PR bagi pemerintah Indonesia. Sebagai negara berkembang, kesejahteraan negara kita masih cenderung dikatakan rendah sehingga perlu dicari solusi yang tepat. Bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat pun masih sering tidak tepat sasaran yang kemudian memunculkan kecemburuan sosial diantara masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan verifikasi dan validasi ulang untuk memperbarui data aset penduduk sehingga kesejahteraan sosial dapat diidentifikasi. Data tersebut dikenal dengan nama DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang berisi informasi tentang status sosial ekonomi dan demografi dari 40% penduduk di Indonesia yang dihitung mulai dari yang paling rendah status kesejahteraannya. Proses verifikasi dan validasi DTKS dimulai dari tingkat desa/kelurahan. Namun, dalam prosesnya seringkali di tingkat desa terjadi keterbatasan sumber daya sehingga proses verifikasi dan validasi seringkali tidak semua dapat terisi. Tingkat desa merupakan tingkatan paling bawah sehingga ketika proses verval tingkat desa mengalami kendala maka data yang di tingkatan atasnya juga akan demikian halnya.

Maka dari itu, untuk membantu proses verifikasi dan validasi DTKS di desa tersebut, Yurika Santi selaku mahasiswa KKN Undip Tim II yang menempuh jurusan administrasi publik membantu proses verifikasi dan validasi DTKS di Desa Sidorejo yang merupakan lokasi pelaksanaan KKN serta sebagai program kerja dengan cara melakukan survei kepada tiap rumah yang perlu diverifikasi. Pelaksanaan survei dilengkapi dengan penggunaan form untuk mempermudah proses pendataan.

Tampilan web dtks.dinsos.jatengprov.go.id

Warga cukup supportif dengan proses pendataan yang dibuktikan dengan kemudahan dan keterbukaan warga ketika diwawancaarai khususnya terkait aset penduduk. Setelah data terkumpul, kemudian penulis melakukan input data melalui link https://dtjateng.dinsos.jatengprov.go.id dengan username dan sandi yang telah dibagikan oleh pemerintah provinsi kepada masing-masing desa sesuai dengan nama dan kolom yang telah tersedia. Adanya verifikasi dan validasi DTKS diharapkan dapat menunjukkan derajat kesejahteraan masyarakat di desa Sidorejo sehingga proses pembangunan dapat lebih terarah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh desa. Selain itu, verifikasi dan validasi DTKS ini juga diharapkan dapat menjadi acuan data pemerintah agar pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dapat lebih akurat dan tepat sasaran.

Penulis: Yurika Santi – S1 Administrasi Publik – Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: Irawati, S.H., M.H.

Lokasi: Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang