Bersama Perangi Narkoba Demi Masa Depan Yang Cerah, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Penyuluhan Narkotika Kepadan Siswa-Siswi SD

Whats-App-Image-2022-08-15-at-18-11-01

Sumber : Dok.Pribadi.

Samiran, Boyolali (26/07/2022), Berdasarkan proyeksi BNN pada tahun 2019, pengguna narkoba di Indonesia mencapai sekitar 3,7 juta jiwa. Menurut UU No.35/2009 pasal 1, Penyalahgunaan narkoba adalah tindakan yang dilakukan orang-orang berkaitan dengan konsumsi narkoba tanpa hak atau dengan melawan hukum.

Penyalahgunaan narkoba membawa berbagai dampak bagi kondisi fisik penggunanya,yang mana akan mengganggu kestabilan sistem tubuh manusia, menghambat produksi hormon-hormon yang berasal dari otak, bahkan narkoba menghambat seluruh kinerja tubuh sehingga dapat mengakibatkan rusaknya seluruh sistem tubuh manusia. Selain kondisi fisik, narkoba pun dapat menghancurkan seseorang dari segi ekonomi, sebab biaya untuk membeli narkoba tidaklah murah. Sehingga ketika seseorang terjerat dan ketergantungan akan narkoba, ia rela melakukan apapun, halal ataupun tidak, untuk mendapatkan uang sehingga dapat membeli narkoba.

Oleh karena itu, maraknya penyalahgunaan narkoba dengan berbagai tingkatan membuat Siti Sarah Nurfaidah mahasiswi KKN Tim II UNDIP Tahun 2022 berinisiatif untuk melaksanakan program kerja KKN berupa memberikan penyuluhan narkoba kepada siswa-siswi SD tentang Pengertian narkoba, jenis jenis, dampak bagi kesehatan, dampak social, pencegahan dan sanksi hukum memakai narkoba.

Whats-App-Image-2022-08-15-at-18-05-11-1

(Pelaksanaan Penyuluhan Narkotika Di SDN 2 Samiran) Sumber : Dok. Pribadi.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 tepatnya di SDN 2 Samiran, Kec. Selo, Boyolali dengan dihadiri 20 orang siswa-siswi kelas 6 SD. Kegiatan terlaksana cukup baik serta para siswa-siswi kelas 6 SD sangat antusias dalam memperhatikan materi dan aktif bertanya pada sesi tanya jawab. Keberhasilan program dapat dilihat dari terbentuknya sikap keingintahuan lebih pada peserta yang mengikuti acara ini dan feedback atas harapan keberlanjutan program.

Oleh : Siti Sarah Nurfaidah (Mahasiswa Fakultas Hukum, KKN Tim II UNDIP Tahun 2022)
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. khairul Anam, S.Si., M. Si