Limbah Peternakan Rakyat Sebabkan Pencemaran, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pengolahan Limbah Peternakan Menjadi Pupuk Kandang

SAVE-20220816-135029

Mahasiswa KKN UNDIP melakukan sosialisasi dan pemaparan mengenai pembuatan pupuk kandang untuk menguraikan limbah kotoran peternakan rakyat di Desa Cingkrong (26/07/2022)

Purwodadi – Limbah padat atau kotoran dari hewan ternak yang ada pada peternakan rakyat umumnya belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan menimbulkan pencemaran bagi lingkungan. Limbah padat yang dihasilkan oleh peternakan rakyat tersebut dapat dimanfaatkan oleh peternak maupun petani menjadi pupuk kandang yang aman digunakan untuk tanaman dan tidak akan merusak struktur tanah dalam jangka waktu yang panjang, sehingga program pembuatan pupuk kandang ini dapat dijadikan solusi untuk masyarakat dalam mengurangi dampak negatif dari peternakan sekaligus mengurangi penggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian.
Minimnya pemahaman masyarakat mengenai penanganan limbah peternakan, menjadi alasan perlunya diadakan program penyuluhan pengolahan limbah ternak menjadi pupuk kandang. Untuk itu Hefrida Sari Buwana (20) melaksanakan program kerja berupa sosialisasi mengenai pupuk kandang dengan tujuan untuk mengurangi dampak pencemaran dari limbah peternakan setempat.

IMG20220723152923

Produk pupuk kandang berbahan dasar kotoran sapi (24/06/2022)

Pelaksanaan program kerja sesuai dengan SDG’s sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Pelaksanaan kegiatan meliputi survey lokasi adanya limbah peternakan di Desa Cingkrong, kemudian melakukan identifikasi hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan pupuk kandang. Selanjutnya dilakukan diskusi bersama ketua PKK untuk pelaksanaan kegiatan pembuatan pupuk kandang dengan bantuan beberapa pihak terkait, seperti pemilik ternak maupun remaja karang taruna. Mayoritas peserta sosialisasi merasa antusias dengan kegiatan tersebut dan memberikan pertanyaan secara lebih lanjut mengenai cara pembuatan pupuk kandang. Mahasiswa juga memberikan sampel produk pupuk kandang yang langsung dapat digunakan oleh peserta sosialisasi untuk tanaman.

Penulis : Hefrida Sari Buwana (Fakultas Peternakan dan Pertanian)
DPL : Dra. Dewi Rostyaningsih, M. Si.
Lokasi KKN : Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan