Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Mendata Tingkat Kesejahteraan Penduduk Kaki Gunung Merapi dan Merbabu

Boyolali – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah basis data yang digunakan pemerintah untuk menyalurkan bansos PKH dan BPNT. Masyarakat bisa cek terdaftar DTKS Kemensos apabila sudah melakukan pendaftaran sebelumya dan diterima sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

DTKS digunakan untuk memperbaiki kualitas penetapan sasaran program-program perlindungan sosial. DTKS membantu perencanaan program, memperbaiki penggunaan anggaran, dan sumber daya program perlindungan sosial. Dengan menggunakan data dari DTKS, jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisa sejak awal perencanaan program. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial.

Selain itu, masyarakat perlu mengetahui bahwa sebelum mendapatkan bantuan sosial, maka terlebih dahulu datanya harus tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut disebabkan karena DTKS merupakan sumber data utama pemerintah dalam menetapkan sasaran bagi program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

DTKS Desa Samiran terakhir kali diperbarui pada tahun 2019 sebelum Covid 19 sehingga perlu dilakukan pembaharuan data kembali. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengumpulan data terkait kesejahteraan sosial warga masyarakat secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan guna menjamin keakuratan data terkait kesejahteraan sosial masyarakat desa Samiran.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-8-35-20-PM

Gambar 1.Pendataan DTKS (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Pendataan verifikasi dan validasi DTKS dilakukan oleh mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2022 di Desa Samiran dengan sasaran 400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pendataan dilakukan sejak minggu pertama hingga minggu terakhir kegiatan KKN pada 14 dukuh yang ada di Desa Samiran secara door to door.

Melalui pendataan DTKS para mahasiswa mampu menjalin kedekatan dan berbaur dengan warga Desa Samiran. Berbagai cerita dan kisah diceritakan oleh warga mampu memberi pengalaman dan pengetahuan baru bagi para mahasiswa. Pengalaman baru ini menjadi momen yang tidak terlupakan bagi para mahasiswa. Berbagai halangan dalam melakukan pendataan juga sudah para mahasiswa lewati. Cuaca yang terkadang kurang mendukung dan dinginnya Samiran tidak menjadi halangan untuk melakukan pendataan.

Whats-App-Image-2022-07-23-at-18-48-24

Gambar 2.Pendataan DTKS (Sumber: Dokumentasi pribadi)

#KKNTimIIPeriode2022 #P2KKNUndip #LPPMUndip

Penulis : Zelly Pramana
DPL : Dr. Khairul Anam S.Si., M.Si

Zelly Pramana
22020119130078
FK / Ilmu Keperawatan