Peringatan Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro Semarang Mengadakan Kegiatan Bermain dan Lomba Bersama Anak-anak Dusun Krajan, Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang

hari-anak

Banyubiru (23/07/2022), Peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Peringatan Hari Anak Nasional bertujuan untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang ramah dan peduli anak. Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Banyubiru telah dilaksanakan di Balai Dusun Krajan oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP dan diramaikan oleh anak-anak yang ada di Dusun Krajan. Hari Anak Nasional menjadi momentum bagi mahasiswa KKN UNDIP untuk meningkatkan peran dalam penyelenggaraan, pembinaan, dan pengembangan anak-anak.

Anak adalah generasi penerus yang akan datang. Baik buruknya masa depan bangsa tergantung pula pada baik buruknya kondisi anak saat ini. Terlebih dalam pemenuhan haknya, seorang anak tidak dapat melakukan sendiri disebabkan kemampuan dan pengalamannya yang masih terbatas. Orang dewasa, khususnya orang tua memegang peranan penting dalam memenuhi hak-hak anak. Anak-anak dan bermaiin meupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan bermain, anak-anak dapat mengekspresikan segala bentuk tingkah laku mereka yang menyenangkan dan tanpa paksaan. Maka dari itu dalam memperingati hari anak nasional ini, mahasiswa KKN UNDIP mengadakan beragam permainan dan lomba untuk memeriahkan hari anak nasional. Peringatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

IMG-0814

Kegiatan dimulai dari pukul 13.00 – 16.30 WIB di Balai Dusun Krajan yang diikuti dengan antusias oleh anak-anak disana. Kebanyakan peserta adalah anak-anak TK dan SD. Beragam permainan dan lomba diadakan seperti lomba estafet karung, mewarnai, menggambar, tebak gaya dan masih banyak lagi. Kegiatan mewarnai gambar bertemakan lingkungan permainan yang diikuti dengan antusias oleh peserta anak-anak TK dan SD. Disamping lomba mewarnai, diselingi juga dengan kegiatan lomba yang lainya seperti estafet sarung, estafet menggambar yang dapat diikuti oleh anak-anak tingkat SD.

Alhamdulillah, peringatan hari anak nasional di Desa Banyubiru berlangsung dengan meriah dan lancer hingga akhir. Acara ditutup dengan kegiatan pembuatan video yang bertemakan hari anak dan pengambilan gambar bersama untuk mendokumentasikan keseruan yang terjadi di Balai Dusun Krajan.

Penulis: Triana Puji Lestari
Pembimbing: Daud Samsudewa S.Pt., M.Si., Ph.D.
Lokasi: Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang