Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Strategi Sosial Media Marketing Kepada Pelaku UMKM
Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan mengenai strategi sosial media marketing kepada pelaku UMKM bidang makanan di Desa Cingkrong.
Cingkrong, Kabupaten Grobogan (1/8/2022) telah dilaksanakan kegiatan program monodosiplin “Sosialisasi dan Pelatihan Mengenai Strategi Pemasaran Online yang Efektif Menggunakan Sosial Media kepada Para Pelaku UMKM di Desa Cingkrong”. Berdasarkan survey yang telah dilakukan pada awal penerjunan mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2021/2022 di Desa Cingkrong diperoleh data bahwa terdapat beberapa pelaku UMKM yang bergerak di bidang makanan. Pemasaran produk mereka lakukan hanya secara offline. Di era modern ini dalam pemasaran hasil produk tidak hanya bisa dilakukan secara offline tetapi juga bisa dilakukan secara online. Kendala yang dihadapi para pelaku UMKM di Desa Cingkrong saat ini adalah kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara memasarkan produknya secara online sesuai dengan sarana yang dimiliki. Pada pelaksanaan program ini mahasiswa membuat poster yang berisi tentang strategi pemasaran yang efektif melalui berbagai jenis sosial media antara lain Instagram, TikTok, Youtube, WhatsApp, Facebook, Line, dan Twitter. Poster tersebut dibagikan kepada beberapa pelaku UMKM makanan yang ada di Desa Cingkrong dengan metode door to door. Pada saat pembagian poster mahasiswa sekaligus melakukan pelatihan cara memanfaatkan handphone yang mereka miliki.
Diharapkan dari terlaksananya program ini, para pelaku UMKM di Desa Cingkrong dapat memperkenalkan hasil produksinya secara online sehingga hasil produksi mereka dikenal masyarakat lebih luas dengan memaksimalkan pemanfaatan penggunaan sosial media sehingga berdampak meningkatkan omzet penjualan.
Penulis : Kulli Fahmun Fatimah
DPL : Dra. Dewi Rostyaningsih, M.Si.
Lokasi : Desa Cingkrong, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan