Mahasiswa KKN UNDIP Ubah Sampah Plastik Menjadi Kreasi Imut

IMG-2457-1

Sampah kerap menjadi permasalahan terbesar baik di Indonesia maupun negara lainnya. Kebutuhan manusia yang tinggi menyebabkan sampah yang dihasilkan semakin meningkat dan semakin menumpuk. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengurangan sampah. Pada Sabtu, 23 Juli 2022, telah dilaksanakan pembuatan kolase dari bahan sampah plastik pada anak-anak kelas melukis Kelurahan Dadapsari.

Salah satu cara untuk mengurangi sampah adalah dengan menerapkan konsep 3R. Konsep 3R adalah singkatan reduce, reuse, recycle. Konsep ini dapat dijadikan solusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mudah dan murah. Konsep reduce artinya mengurangi sampah seperti pengurangan penggunaan produk yang berpotensi menjadi sampah khususnya produk berbahan plastik. Contoh dari penerapan langkah reduce adalah dengan membawa botol minum dan alat makan sendiri sehingga tidak perlu menggunakan alat makan dan minum sekali pakai.

Konsep reuse artinya penggunaan kembali, yaitu dengan menggunakan kembali produk yang sudah terpakai. Contoh kegiatan reuse adalah dengan memilah wadah atau kantong yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang. Secara tidak langsung, metode ini mengurangi penyebaran sampah plastik.

Konsep recycle artinya mendaur ulang, yaitu dengan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai tanpa mencemari lingkungan. Contohnya melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dan mengolah limbah sampah menjadi barang atau kerajinan yang bermanfaat.

IMG-2426

Anak-anak membuat kolase bergambar paus dan lumba-lumba dari limbah sampah plastik. Limbah sampah plastik yang telah dibersihkan kemudian dipotong-potong menjadi kecil. Kemudian, potongan tersebut ditempelkan ke kertas. Diharapkan dengan edukasi ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dari limbah sampah dan meningkatkan kreativitas anak-anak, salah satunya membuat kreasi dari barang maupun limbah bekas.