KKN TIM II UNDIP MENDAMPINGI POKDARWIS UNTUK MENGEMBANGKAN DESA WISTA GLAWAN

20220727-200641

Semarang, Rabu (27/7) – Tim II KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan pendampingan kepada pokdarwis untuk menggali potensi-potensi wisata yang akan dikembangan menjadi desa wisata. Musyawarah antara Tim KKN Undip dan anggota Pokdarwis dilaksanakan di aula balai desa Glawan dengan pokok bahasan potensi-potensi wisata yang akan dikembangkan di tiap-tiap dusun. Musyawarah ini dihadiri oleh Pak Agus Supriyadi selaku kepala Desa Glawan, Pak Kudarso sebagai calon ketua pokdarwis, kepala dusun Krajan, kepala dusun Wonogaten, kepala dusun Semare, dan kepala dusun Randusari, serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang Tim II KKN Undip Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
Banyak potensi wisata yang dapat digali namun belum disadari sepenuhnya oleh masyarakat Glawan. Musyawarah yang telah dilaksanakan membuahkan hasil antara lain, pengembangan aliran irigasi Pleret dan Sigendu sebagai objek wisata tubing, wisata edukasi tanam padi (pertanian), pengembangan wisata sejarah dan kebudayaan tari Rodad, serta pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti Dapoer Mak Wik, snack Ariyani, sentra pembuatan jamu gendong, dan sentra pengrajin besek (keranjang ikan).
Pembentukan Pokdarwis dan pendampingan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM II Undip diharapkan dapat memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki Desa Glawan sebagai desa wisata. Pembentukan Desa Wisata Glawan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Glawan.
(Rania Akmalia, Tim II KKN Undip)
Dosen Pembimbing Lapang: Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
Lokasi: Desa Glawan, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.