Mahasiswa Undip Menyadarkan Pentingnya Branding dalam Pemasaran Produk Usaha Rumahan

Program-2

Magelang (16/08) – Branding dapat memberikan berbagai keuntungan bagi brand, misalnya ketika masyarakat dihadapkan pada bermacam pilihan produk yang serupa, mereka akan cenderung lebih memilih produk yang lekat dalam ingatan mereka. Maka dari itu, penting bagi seorang pemilik usaha untuk mempersiapkan dan mengembangkan branding terhadap produk atau usahanya terlebih dahulu secara matang sebelum melakukan berbagai metode pemasaran.

Saat dilakukan survei dan berbincang dengan pemilik usaha rumahan yang ada di Desa Ringinanom, Tempuran, Magelang, kesadaran mereka terhadap pentingnya branding masih tergolong rendah. Bahkan mereka belum memiliki logo dan slogan yang merupakan elemen penting dari branding pada usahanya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip melalui program “Pengembangan Branding Usaha Rumahan” berupaya memberikan pemahaman terkait pentingnya branding dalam pemasaran produk sekaligus membantu pemilik usaha rumahan dalam pembuatan materi branding seperti logo, label kemasan, dan brosur.

Program ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Juli 2022 dengan target pemilik usaha kerajinan kayu dan usaha keripik getuk. Diawali dengan persiapan program yaitu pembuatan desain branding dari setiap usaha yang didampingi yang terdiri dari logo & brosur untuk usaha kerajinan kayu lalu logo & label untuk usaha keripik getuk. Proses pembuatan desain dilakukan menggunakan aplikasi canva dan memanfaatkan resources yang tersedia secara gratis. Setelah itu, desain branding dicetak untuk dijadikan sampel brosur dan label kemasan. Agenda pokok saat pelaksanaan program yaitu pemaparan materi tentang branding dan pentingnya branding, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sampel brosur untuk usaha kerajinan kayu dan kemasan produk untuk usaha keripik getuk.

Dengan adanya program ini, diharapkan para pemilik usaha rumahan mendapatkan pemahaman baru tentang apa itu branding dan manfaat dari branding yang baik terhadap sebuah usaha. Setelah itu, mereka dapat menyadari dan mulai memperkuat branding usaha masing-masing agar produk yang dipasarkan memiliki identitas yang dapat dikenali dan diingat sehingga meningkatkan kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian kembali. Desain branding yang telah dibuat juga diserahkan kepada pemilik usaha sebagai aset yang dapat digunakan atau dimodifikasi kedepannya.

Penulis: Ramadhan Damar Pambudi (12010119130230)
Dosen Pembimbing: Muhyidin, S.Ag, M.Ag, M.H.
Lokasi: Desa Ringinanom, Kec. Tempuran, Kab. Magelang, Jawa Tengah