Temani Kegiatan Anak SD Dusun Seusai Pulang Sekolah, Mahasiswa UNDIP Adakan Bimbingan Belajar Bahasa Jepang

MAGELANG (20/07). Pada minggu ke-3, kegiatan TIM II KKN UNDIP 2021/2022 di bawah bimbingan DPL Irawati Irawati,SH.M.Hum. diwarnai dengan pelaksanaan program kerja monodisiplin oleh Jihan Bagus Ramadhan (22), Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang di Posko KKN TIM II UNDIP Dusun Plandi, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan.

anjing-ya

Bimbingan belajar ini dilaksanakan sebanyak tiga kali yang masing-masing dilaksanakan pada tanggal 20 Juli, 1 Agustus, dan 12 Agustus 2022. Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan seusai para anak tingkat SD di Dusun Plandi pulang sekolah dan durasi dari bimbingan belajar ini sendiri adalah kurang lebih satu jam. Ada pun yang menjadi target dari program kerja ini adalah siswa-siswi yang duduk di bangku kelas 1 hingga kelas 6 SD. 

Menurut Kepala Dusun Plandi, Bapak Rizqi Farhani, jumlah anak-anak yang terlihat bermain di luar lingkungan rumah mereka masing-masing sudah makin berkurang apabila dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Menurut beliau, salah satu penyebabnya adalah mulai maraknya penggunaan gadget di kalangan anak sebelum remaja. Oleh sebab itu, program “Bimbingan Belajar Bahasa Jepang” ini diadakan dengan tujuan mengisi waktu sepulang sekolah anak tingkat SD di Dusun Plandi dengan kegiatan yang lebih positif serta membukakan mata mereka akan dunia luar.

Pada pertemuan pertama bimbel, mahasiswa memberikan materi mengenai salah satu dari tiga jenis huruf Jepang yaitu hiragana. Anak-anak diberikan handout berwarna dan bergambar untuk diperkenalkan bagaimana bentuk dan cara menulis huruf hiragana. Materi ini sangat menggugah rasa kaingintahuan mereka karena anak-anak di Dusun Plandi belum pernah melihat huruf hiragana sebelumnya.

Di pertemuan kedua bimbingan belajar Bahasa Jepang, mahasiswa mengajarkan anak-anak cara memperkenalkan diri dan nama angka dalam Bahasa Jepang. Pada pertemuan kali ini mahasiswa membagikan buku saku “Belajar Bahasa Jepang Tingkat SD” yang dibuat oleh mahasiswa sendiri. Meski anak-anak menghadapi kesulitan saat mengucapkan kosa-kata dalam Bahasa Jepang, mereka tetap nampak gembira ketika mencoba memperkenalkan diri dalam Bahasa Jepang. Lalu pada pertemuan terakhir, mahasiswa mengajarkan kosa kata umum yang sering digunakan dalam Bahasa Jepang, seperti nama tempat dan nama hewan.

Mahasiswa dari Tim II KKN UNDIP 2021/2022 juga menemui salah satu orang tua dari peserta bimbingan belajar untuk menyampaikan rasa hormat dan terima kasih karena telah membujuk dan mengantar anak mereka ke Posko KKN UNDIP di Dusun Plandi untuk mengikuti kegiatan ini. “Saya (sebagai orang tua) merasa senang dengan kehadiran teman-teman mahasiswa yang telah berusaha mengisi waktu anak dengan pembelajaran. Apalagi mengingat mahasiswa sampai membagikan buku berwarna yang sangat disukai oleh anak-anak. Semoga ilmunya dapat berguna bagi anak-anak di kemudian hari.” (Ujar Ibu Suminah, salah satu orang tua dari peserta bimbingan belajar).

Penulis : Jihan Bagus Ramadhan

NIM : 13020217130041

DPL : Irawati S.H., M.Hum.