Mewujudkan Ekspansi Usaha para UMKM, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Edukasi Pembukuan Keuangan yang Sederhana dan Sustainable

Saat ini, sektor UMKM berperan besar dalam kemajuan PDB negara. UMKM dapat mendorong produk lokal untuk sampai ke kancah internasional. Namun apakah para pelaku UMKM berhasil menata keuangannya? Banyak dari mereka yang menanyakan dimana keuntungan usahanya padahal penjualannya tinggi. 

Screen-Shot-2022-08-16-at-22-14-36

Mahasiswa KKN Tim II Undip telah melakukan survey di beberapa UMKM di Desa Sidorejo. Sektor UMKM terbesar yang ada di Desa Sidorejo ialah berbentuk warung. Hasilnya mengejutkan bahwa banyak dari mereka yang tidak melakukan pembukuan keuangan. Mereka tidak melakukan pemisahan antara harta pribadi dengan profit usaha. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenalkan teknik pembukuan yang sederhana yang sekiranya dapat digunakan secara berkelanjutan oleh para UMKM di Desa Sidorejo. 

Fernandita Hera Dianitasya selaku mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan S-1 Akuntansi sedang melakukan KKN khususnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Fernandita mencoba memahami permasalahan yang sedang dihadapi dan mencarikan solusi terbaik. BukuKas sebagai aplikasi pencatatan keuangan dinilai efektif untuk digunakan pelaku UMKM di Desa Sidorejo. Selain pengoperasiannya yang mudah, akun-akun yang disajikan juga sederhana seperti penjualan, pembelian, dan piutang. 

Penulis : Fernandita Hera Dianitasya –  S1 Akuntansi – Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Irawati S.H., M.H.

Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022