Bersama Pemerintah Desa, Mahasiswa KKN Undip Wujudkan Keterbukaan Pemerintah melalui Transparansi Anggaran

Infografis-APBDes-FIX

Dokumentasi Pribadi

Boyolali (30/07) – Dalam tata kelola pemerintahan yang baik atau biasa disebut dengan good governance, transparansi dan keterbukaan menjadi salah satu aspek penting yang harus senantiasa diterapkan oleh pemerintah di level manapun. Pemerintah Desa yang menjadi garis terdekat pemerintah dengan masyarakat, hendaknya juga dapat menerapkan keterbukaan dan transparansi terutama dalam hal penggunaan anggaran. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) harus disusun semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan pemerintah. APBDes penting untuk diketahui oleh masyarakat secara luas agar dapat menjadi kontrol dalam pelaksanaannya.

Ardaffa Firezha Wirandika, Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali menyoroti ketiadaan sarana informasi keterbukaan anggaran oleh Pemerintah Desa Samiran, baik secara fisik maupun digital. Selanjutnya melihat urgensi pentingnya adanya transparansi dalam APBDes, maka Ardaffa menginisiasi sebuah program Monodisiplin yang sesuai dengan latar belakang studinya, yaitu untuk membantu Perwujudan Keterbukaan Pemerintah Desa melalui Transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Program ini dicanangkan sebagai salah satu upaya menciptakan good governance dalam pelaksanaan pemerintahan di Desa Samiran.

Program diawali dengan koordinasi antara Mahasiswa KKN Undip dengan Pemerintah Desa Samiran. Dalam kesempatan ini pula disampaikan oleh Ardaffa mengenai pentingnya keterbukaan anggaran pemerintah dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Setelah mendapatkan persetujuan, mahasiswa KKN diberikan dokumen APBDes yang diatur dalam Peraturan Desa untuk dianalisis, dipilah, dan direkapitulasi. Proses ini dilakukan dengan pengecekan berulang dan dengan terus berkonsultasi kepada perangkat desa. Selanjutnya data yang telah diolah tersebut akan diwujudkan ke dalam sebuah Infografis APBDes yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat secara umum. Infografis yang telah dibuat ini skemudian diserahkan kepada Pemerintah Desa Samiran untuk dapat disebarluaskan melalui media-media online yang dimiliki oleh Pemerintah Desa, yaitu melalui website, instagram, dan facebook. Mahasiswa KKN Undip juga memfasilitasi publikasi secara cetak yaitu berupa poster yang ditempelken di papan-papan pengumuman di Kantor Pemerintah Desa Samiran.

Whats-App-Image-2022-08-16-at-11-11-59-2

Dokumentasi Pribadi

Rabu (27/07), Mahasiswa KKN Undip menemui Kepala Desa Samiran untuk menyampaikan dan menyerahkan Infografis APBDes yang telah selesai disusun. Dalam kesempatan ini, Herman, Kepala Desa Samiran menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Ini sebuah langkah bagus, ben masyarakat mengerti kalau desa tidak main-main dalam menggunakan anggaran,” ungkap Herman. Herman juga menyatakan bahwa ini akan diupayakan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya sebagai salah satu upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa mengenai penggunaan APBDes. “Masyarakat memang saat ini masih kurang kepeduliannya dalam hal anggaran yang dimiliki desa. Ngertine Desa dapat anggaran miliaran, tapi tidak tahu digunakan untuk apa,” sambung Herman menceritakan kondisi masyarakatnya.

Dilaksnanakannya program ini diharapkan dapat memulai dan menginspirasi Pemerintah Desa Samiran untuk terus meningkatkan keterbukaan dan transparansi APBDes dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan transparansi juga harapannya mampu menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk ikut mengontrol penggunaan anggaran yang dimiliki oleh desa agar dialokasikan dengan tepat sasaran. Selain itu dengan adanya program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terutama dalam hal ini adalah Pemerintah Desa.

#KKNTimIIPeriode2022 #P2KKNUndip #LPPMUndip #Undip #seloludihati

Penulis : Ardaffa Firezha Wirandika
DPL : Dr. Khairul Anam, S.Si., M.Si.

Ardaffa Firezha Wirandika
NIM 14010119130099
Ilmu Pemerintahan – FISIP