Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Model Manajemen UMKM Bagi Pelaku UMKM di Dusun Padan

Magelang (09/08/2022) – Usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. Saat ini perkembangan UMKM tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang tersebar di Indonesia. Pada 2016, tercatat ada 61,7 juta UMKM di Indonesia dengan jumlah yang terus meningkat hingga tahun 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta.

Masalahnya, para pelaku UMKM pada umumnya masih minim pengetahuan akan pentingnya model manajemen dalam pelaksanaan kegiatan usaha. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan edukasi kepada pelaku UMKM di Dusun Padan tepatnya di RT 1, Desa Keji, Kecamatan Muntilan. Hal ini dikarenakan, di Dusun Padan sendiri terdapat banyak UMKM yang mayoritas memproduksi makanan basah berupa jajanan pasar.

Kegiatan edukasi sendiri dilakukan dengan metode door to door kepada para pelaku UMKM di Dusun Padan. Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan materi mengenai pentingnya model manajemen UMKM dan pelaksanaannya.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh pelaku UMKM di Dusun Padan sendiri. Pelaku UMKM sendiri juga sangat antusias dalam menerima materi serta saling bertukar pikiran dan pengetahuan dengan diskusi bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta pengetahuan dari pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan efektivitas usaha.

Penulis : Linda Kurnia Sari
DPL : Irawati, SH, MH.