Sosialisasi Mengenai Bahaya Sumur Artesis Terhadap Penurunan Muka Tanah Sebagai Upaya Mengurangi Penurunan Muka Tanah di Kelurahan Mlatiharjo

Balai RW 02, Kelurahan Mlatiharjo (24/07/2022) — Salah satu program kerja monodisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP TA 2021/22 adalah Program Sosialisasi Mengenai Bahaya Sumur Artesis Terhadap Penurunan Muka Tanah Sebagai Upaya Mengurangi Penurunan Muka Tanah di Kelurahan Mlatiharjo.

IMG20220724103748

Berdasarkan hasil survey, diketahui Kelurahan Mlatiharjo mengalami penurunan muka tanah yang cukup tinggi yaitu 1 cm/bulan. Diketahui bahwa warga Kelurahan Mlatiharjo memiliki beberapa sumur bor dengan jarak yang berdekatan. Sumur tersebut dilakukan kegiatan pemompaan terus menerus setiap harinya. Hal tersebut dapat memicu penurunan muka air tanah menjadi lebih cepat.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2021/2022 Muji Rahmawati yang berasal dari Fakultas Teknik melakukan s Program Sosialisasi Mengenai Bahaya Sumur Artesis Terhadap Penurunan Muka Tanah Sebagai Upaya Mengurangi Penurunan Muka Tanah di Kelurahan Mlatiharjo sebagai salah satu ajakan dalam hal perubahan dan penyampaian informasi terkait bagaimana ketentuan mengenai sumur artesis yang dianjurkan pada warga RW 02 Kelurahan Mlatiharjo.

Program ini bertujuan supaya warga dapat memahami bahaya sumur artesis terhadap penurunan muka tanah, pencegahannya, serta cara penanganannya.
“Harapannya dengan diadakan pelatihan ini, masyarakat dapat menyerap ilmu dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari masyarakat” ujar Pak Yohanes Kasidi selaku Ketua RW 02 Kelurahan Mlatiharjo.

Acara ini disambut antusiasme oleh para bapak-bapak dan ibu-ibu di Kelurahan Mlatiharjo RW 02 yang berbondong hadir. Masyarakat dengan antusias menyimak penjelasan tentang pengaruh sumur artesis terhadap penurunan muka tanah. Kemudian dilanjut dengan diskusi aktif bersama masyarakat untuk membahas permasalahan ini dan menemukan solusinya bersama.