Lewat Infografis Data Kependudukan, Evaluasi dan Potensi Desa Morobongo Terpetakan

1

Morobongo, Jumo, Kabupaten Temanggung (16/08/2022) – Desa Morobongo merupakan desa yang di kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Luas desa yang mencapai 151 hektar ini terdisi atas 4 dusun, yaitu Dusun Morobongo, Dusun Pandean, Dusun Blimbing, dan Dusun Pranggongan Nerasi. Desa Morobongo berbatasan langsung dengan Dusun Ketipang di sebelah utara, Dusun Gandu Wetan di sebelah selatan, Dusun Ngaren di sebelah barat, dan Dusun Karangtejo di sebelah timur.

Program pemerintah dalam mencapai pembangunan berkelanjutan yaitu SDG’s sedang digencarkan pada semua aspek. Salah satu hal yang dapat mendukung adanya pembangunan berkelanjutan adalah tersedianya data yang sesuai dengan kondisi wilayah. Shania Asa Nareswari, mahasiswa Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro , didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Muhyidin, S. Ag., M.Ag., M.H. melakukan pembuatan infografis kependudukan untuk mnegevaluasi kondisi kependudukan, pendidikan, kemiskinan, dan indicator SDG’s yang lain. Pendataan yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi bahan kajian maupun masukan dalam pembuatan kebijakan dalam pemberdayaan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Hasil pendataan dimulai dari jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur yang dijadikan menjadi piramida penduduk, data pendidikan terakhir dari seluruh warga, pekerjaan warga, hingga fasilitas pendidikan yang ada. Data yang terkumpul kemudian divisualisasikan dan disusun dalam bentuk infografis kependudukan. Output infografis kependudukan ini kemudian diserahkan kepada pihak Desa Morobongo untuk selanjutnya dapat dijadikan bahan kajian atau masukan dalam pembuatan kebijakan dalam pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan.

Penulis : Shania Asa Nareswari (Statistika, Fakultas Sains dan Matematika)
DPL : Muhyidin, S. Ag., M.Ag., M.H.
Lokasi KKN : Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
KKN TIM 2 2021/2022 Universitas Diponegoro