Asah Kognitif Balita Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Permainan Edukasi

Whats-App-Image-2022-08-17-at-18-56-59

Magelang (26/07/2022), Penelitian menyebutkan bahwa kognitif seseorang banyak terbentuk pada usia dini. Sehingga pemberian metode belajar maupun rangsangan tepat untuk mendukung perkembangan kognitif anak sangat diperlukan. Pada saat ini sedang gencar diterapkan metode belajar sambil bermain. Hal ini tentu tidak lepas dari upaya untuk mendorong anak mencapai tugas belajar yang optimal sesuai dengan usia perkembangan kognitif anak. Mengingat kognitif anak memiliki tahap – tahap perkembangan dengan target tertentu di setiap tahapnya dan antara tahap satu dengan yang lain saling berkaitan.
Bentuk dukungan akan program tersebut adalah dilakukannya program kerja “Permainan Edukatif” yang sasarannya balita di Desa Ringinanom, Tempuran, Magelang oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro. Tidak lepas dari poin pada Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin keempat terkait menjamin pendidikan yang bermutu, program ini bertujuan memberikan pengalaman belajar yang edukatif dan berbagi pengetahuan dengan para orang tua siswa. Sehingga pembelajaran dapat dicapai dengan optimal dan target pembelajaran dapat tercapai. Hal ini juga sebagai sarana berbagi dengan para orang tua dengan balita khususnya untuk selanjutnya dapat memberikan mainan yang sekaligus dapat membantu perkembangan kognitif anak.

Whats-App-Image-2022-08-17-at-18-57-23

Bekerjasama dengan pengelola PAUD Desa Ringinanom, kegiatan ini terlaksana pada dua kali kesempatan. Pertama, pada Selasa, 26 Juli 2022 dan kedua pada Selasa, 02 Agustus 2022. Masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut dengan sambutan hangat dan antusias dari para siswa PAUD dalam kegiatan tersebut. Permainan edukasi yang diberikan meliputi permainan maze dan puzzle yang disesuaikan dengan usia balita. Permainan maze antara lain dapat melatih koordinasi mata dan tangan, motorik, problem solving dan melatih fokus. Manfaat bermain puzzle antara lain dapat melatih motorik halus, berpikir logis, melatih kesabaran dan daya ingat. Menurut penuturan siswa, jenis permainan ini adalah hal baru bagi mereka.