Cara Baru Sosialisasi, Pentingnya Imunisasi Dalam Rangka Pemenuhan Hak Anak untuk Program KEJAR & BIAN Lewat Seni Peran

Penampilan Para Pementas Peran dengan Tema “Nyinyir” (Sumber : Dokumen Pribadi)

Leyangan (16/08/2022) – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sudah di depan mata. Program KEJAR dan BIAN sendiri menjadi tema utama Tim II KKN Tematik Universitas Diponegoro. Persebaran KKN Tematik ini meliputi seluruh daerah Jawa Tengah, yang salah satunya adalah TIM KKN Tematik Kabupaten Semarang.

Penerjunan yang dilakukan pada bulan Agustus ini menjadi penting karna desa setempat memiliki banyak timeline acara besar seperti peringatan Hari Kemerdekaan. Inilah yang berusaha dimanfaatkan Tim KKN Tematik Kabupaten Semarang dengan turut aktif dalam mengisi acara dengan tetap menyelipkan pesan untuk membawa anak ke posyandu dalam rangka Program KEJAR dan BIAN. Narasi yang diselipkan begitu beragam, salah satunya adalah narasi penting mengenai pengaturan hukum mengenai wajib untuk mengimunisasi anak dalam rangka pemenuhan hak anak. Sosialisasi jenis ini begitu efektif karena pementasan dengan dalih sosialisasi ini begitu menarik dan begitu membekas dibenak masyarakat. Perhatian khusus juga diberikan kepada penyajian alur cerita yang memang sesuai dengan fakta dan keadaan masyarakat setempat mengenai aktivitas kehidupan sehari-hari sehingga drama yang ditampilkan tidak monoton dan tetap menjaga perhatian massa untuk terus memperhatikan hingga akhir.

Personal Approach dengan Para Ibu dan Pengasuh dengan Bayi, Baduta dan Balita (Sumber : Dokumen Pribadi)

Tidak berhenti sampai penampilan peran saja, tapi personal approach juga tetap dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan lokasi posyandu dan tanggal imunisasi di daerah setempat yang dimungkinkan untuk dihadiri oleh para ibu dengan bayi, baduta dan balita serta para pengasuh serta peraturan hukum yang mengatur mengenai wajibnya mengimunisasi anak beserta dengan dampak hukum yang ditetapkan.

Penulis : Pristi Melia Sekarsari (11000119130685) – S1 Ilmu Hukum
DPL :
1. Dr. Cahya Tri Purnami., SKM., M.Kes
2. dra. Ana Ishandayaningsih., M.Sie
Lokasi : Desa Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

#KKNtematikUndipxUnicef
#p2kknundip
#lppmundip
#undip