Gencarkan! Gerakan Sosialisasi Rumah Sehat dan Imunisasi BCG Sebagai Langkah Menurunkan Kejadian Tuberkolosis Pada Anak

Salatiga (8/8) – Mahasiwa KKN Tematik dengan Tema “Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022”  kerjasama UNDIP X UNICEF laksanakan rangkaian kegiatan salah satunya dengan Pembagian Booklet rumah sehat di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Penyakit berbasis lingkungan yang masih mencapai angka tinggi setiap tahunnya adalah penyakit Tuberkulosis (TB) yang disebabkan oleh bakteri Micobacterium tuberculosis dan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia. Penyakit TB merupakan penyakit berbasis lingkungan dengan tingkat penyebaran tinggi melalui droplet di udara dan dapat menyebar cepat terutama bila di dukung oleh lingkungan dan kondisi rumah yang tidak sehat. 

Maka dari itu gerakan sosialisasi rumah sehat dan imunisasi BCG ini menjadi langkah penting dalam menurunkan kejadian tuberkoloasis TB pada anak. Prinsip rumah sehat ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai rancangan dan konstruksi bangunan yang dapat membuat pengguna bangunan menjadi lebih sehat dan sejahtera.

Rumah Sehat merupakan penilaian terhadap proporsi rumah yang memenuhi kriteria sehat minimum komponen rumah dan sarana sanitasi dari tiga komponen (rumah, sarana sanitasi dan perilaku) di satu wilayah. Komponen dalam rumah sehat merupakan sarana tidak langsung terhadap keterpaparan suatu penyakit dikarenakan rumah berfungsi sebagai tempat hidup dan bernaung manusia.

Sosialisasi rumah sehat dalam bentuk booklet menjadi pilihan inovasi program monodisiplin karena kemasan materi nya yang sangat menarik secara visual dan memudahkan pembaca dalam menerima dan memahami setiap informasi yang diberikan karena dilengkapi uraian yang menggambarkan intisari dari materi rumah sehat.

Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan upaya preventif dan promotif penanganan kejadian TB anak yang dapat dilakukan mulai dari rumah tangga yaitu orang tua balita dengan meningatkan kondisi rumah sehat dan mendukung imunisasi BCG. Hal ini juga sangat ditentukan oleh kelompok sosial yang mendukungnya. Gerakan sosialisasi secara menyeluruh melalui promosi kesehatan akan mendukung keberlanjutan upaya upaya penanganan TB anak.

Penulis : Apryanus Yepta

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Cahya Tri Purnami., SKM, M.Kes 

#p2kknundip

#puslitkesundip

#lppmundip

#KKNTematikUndipXUnicef

#undip

#kknbian2022

#kkntematik2022