PEMASANGAN MADING POSYANDU SEBAGAI MEDIA INFORMASI BIAN
Pemalang (24/08) Kelancaran pelaksanaan BIAN harus didukung dengan media komunikasi yang baik. Pengadaan sarana mading dapat menjadi salah satu solusi media komunikasi tertulis untuk masyarakat. Dengan adanya mading dapat mengurangi gangguan dalam pelaksanaan kegiatan posyandu, masyarakat dapat mencari informasi sendiri melalui mading. Selain itu, adanya mading dapat menumbuhkan kebiasaan dalam membaca dan meningkatkan wawasan masyarakat setempat.
Kegiatan ini dilakukan secara offline dimana Puskesmas Banyumudal telah memberikan list posyandu yang tidak memilki Mading posyandu yang dikarenakan beberapa sebab. Kegiatan dimulai dengan diskusi dan meminta perizinan dengan pihak puskesmas untuk pembuatan papan Mading posyandu. Selanjutnya setelah diperbolehkan, dari pihak mahasiswa langsung berkonsultasi mengenai mading posyandu yang diinginkan. Setelah melakukan konsultasi , pihak mahasiswa Undip langsung melakukan pembuatan mading tersebut. Setelah mading posyandu selesai dibuat, pihak mahasiswa langsung menyerahkan kepada pihak puskesmas untuk diberikan kepada tiap Kader posyandu yang tidak memilki mading posyandu tersebut. Terdapat salah satu respon baik dari Kepala Puskesmas yaitu beliau sangat berterima kasih dengan pembuatan mading tersebut. Serta kami menerima respon baik dari Kader posyandu tersebut yang dimana beliau sangat senang dan berterima kasih. Dengan adanya pembuatan mading ini . diharapkan kepada masyarakat Banyumudal tidak akan kesulitan dalam pencarian info BIAN pada posyandu tersebut.
Penulis : M Astu Narendra Kusuma (40030519650108) / Fakultas Seklah Vokasi / Prodi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur / Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Novia Handayani S.K.M., M.A.,M.Kes dan Adnan Fauzi S.T., M.Kom.