Dalam Rangka Program BIAN, Mahasiswa Undip Melakukan Pembuatan Serta Pelatihan Peta Sebaran Imunisasi BIAN Desa Kronggen

Desa Kronggen. (18/08/2022) – Kementrian Kesehatan sedang gencar-gencarnya melakukan imunisasi rutin, karena pandemi Covid-19 kemarin membuat banyak sekali anak yang mengalami keterlambatan imunisasi. Oleh sebab itu Kementrian Kesehatan melaksanakan program BIAN yaitu Bulan Imunisasi Anak Rutin.

Program BIAN yang sedang berjalan, membuat mahasiswa KKN Tematik BIAN Undip melakukan survey pemetaan terhadap berapa jumlah sasaran target yang tersebar di Desa Kronggen. Tentu saja dengan adanya peta ini mempunyai tujuan untuk memaksimalkan jumlah imunisasi BIAN.

Dalam melakukan survey ke tiap posyandu yang ada untuk mengumpulkan data, setelah itu data diolah dan dimasukan ke software ArcGIS untuk membuat peta. Selain pembuatan pet aitu sendiri, mahasiswa KKN Tematik Undip juga melakukan pelatihan pembuatan peta sebaran imunisasi kepada staff puskesmas. Diharapkan dengan adanya peta ini menjadi media evaluasi yang dapat digunakan dalam pembuatan peta sebaran keberhasilan imunisasi BIAN di Desa Kronggen.

Penulis : Muhammad Anas Kamali (40030519650090) /Fakultas Sekolah Vokasi/ Prodi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur/ Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D..dan Ir. Gentur Handoyo., M.Si

Editor : –