Merenovasi Desain Interior Ruang Farmasi Puskesmas Candilama Oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai Puskesmas

Dokumentasi Pribadi

Semarang, 25 Agustus 2022

Kamis, 25 Agustus 2022 — Program KKN Tematik UNDIP x UNICEF merupakan program pengabdian masyarakat kerjasama antara perguruan tinggi Universitas Diponegoro dan UNICEF dengan  membawa tema ‚ÄúPercepatan Imunisasi Dalam Rangka Mendukung Program KEJAR dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022. Program Imunisasi KEJAR dan BIAN adalah program yang dibuat oleh pemerintah sebagai bentuk kepedulian terhadap status imunisasi anak Indonesia.

Salah satu mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro melakukan program KKN bertempat di Puskesmas Candilama, Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari. Selama menjalankan program imunisasi di Puskesmas Candilama terdapat salah satu ruang di puskesmas yang perlu dilakukan penataan ulang mengingat fungsi ruang tersebut yang begitu vital karena berfungsi sebagai ruang penyimpanan obat-obatan serta sebagai tempat penyerahan resep dan pengambilan obat.

Kegiatan merenovasi desain ruang farmasi perlu dilakukan untuk memberikan kenyamanan pegawai Puskesmas Candilama untuk menunjang kinerja dalam melayani masyarakat yang sedang berobat.

Sebelum pembuatan desain interior ruangan, pihak puskesmas memberikan informasi mengenai detail ruangan seperti ukuran, perabotan, dan fungsi dari setiap sekat yang ada didalamnya.

Peran Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro sangat diperlukan dalam pembuatan desain interior ruang farmasi Puskesmas Candilama tersebut. Salah satu mahasiswa Sekolah Vokasi dengan Program Studi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur yang berperan dalam tim KKN Tematik program imunisasi KEJAR dan BIAN memberikan bantuan untuk mendesain ulang interior ruang farmasi Puskesmas Candilama.

Penulis : Tommi Akbar

Dosen Pembimbing : drh Siti Susanti., PhD dan Dr. dr. Sri Winarni., M.Kes