KEJAR TRENDING! REBRANDING INSTAGRAM PUSKESMAS, MAHASISWI KKN TEMATIK UNDIP OPTIMALKAN SOSIALISASI BIAN

KOTA SEMARANG (02/09/2022) – Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi media yang memungkinkan pengguna mengambil foto maupun video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk memanfaatkannya sebagai media branding suatu perusahaan atau organisasi.

1-Pic-Winanda
Gambar 1. Penyerahan Modul Rebranding Instagram kepada Pihak Puskesmas Karangdoro

Berlatarbelakang dari penggunaan Instagram Puskesmas Karangdoro yang masih belum optimal, Winanda Galih Monikasari, Mahasiswi KKN Tematik TIM 3 Kota Semarang Universitas Diponegoro dari Program Studi S. Tr Manajemen dan Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi (SV) mengusulkan ide rebranding Instagram Puskesmas Karangdoro guna memaksimalkan fitur- fitur yang ditawarkan Instagram sehingga dapat mendukung layanan puskesmas dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi imunisasi BIAN. Rebranding sosial media Instagram yang dilakukan, khususnya guna mendukung program Imunisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional yang dilaksanakan selama bulan Agustus 2022.

Puskesmas Karangdoro sebenarnya sudah memiliki sosial media Instagram dengan jumlah pengikut yang cukup banyak, yaitu sebanyak 1.444 pengikut. Hal tersebut tentu telah menjangkau banyak masyarakat yang dapat mendapatkan informasi, edukasi, maupun berita terkait layanan program imunisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional yang disosialisasikan puskesmas melalui Instagram. Namun, apabila ditinjau dari engagement masyarakat ternyata masih kurang terhadap setiap postingan Puskesmas Karangdoro. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut yaitu desain postingan feeds yang tidak berkonsep dan cenderung tidak tertata. Maka dari itu, rebranding Instagram adalah salah satu cara yang efektif guna memberikan identitas baru terhadap sosial media Puskesmas Karangdoro. Rebranding yang dilakukan berorientasi pada pembuatan template postingan feeds Instagram yang lebih menarik, rapih, dan profesional didampingi dengan modul atau buku panduan rebranding Instagram yang memuat petunjuk cara sukses rebranding Instagram, mengoperasionalkan fitur- fitur Instagram, sampai dengan langkah penggunaan tools pembuat desain yang mudah yaitu aplikasi Canva.

Winanda Galih Monikasari menuturkan bahwa sosialisasi dan edukasi program Imunisasi BIAN dari Puskesmas Karangdoro dapat dioptimalkan dengan rebranding Instagram dengan desain template feeds yang interesting dan eye catching.

Penulis             : Winanda Galih Monikasari, Mahasiswa Program Studi S. Tr Manajemen dan Administrasi Logistik, KKN Tematik TIM 3 Kota Semarang 2022, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

DPL 1: Dr. dr. Sri Winarni, M.Kes.

DPL 2: Ir. Gentur Handoyo, M.Si.